Lewat Jalan Tol atau Jalan Arteri di Nganjuk, Pemudik Wajib Baca Ini

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta bersama Forkopimda saat meninjau Pos Operasi Ketupat di Simpang Kertosono, Sabtu 25 Mei 2019 (ist)

Sabtu 25 Mei 2019
by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Manajer Area PT Jasa Marga Tolroad Operator (JMTO) Sabilillah mengatakan, diperkirkan akan terjadi peningkatan kendaraan yang akan melintas di Tol Ngawi-Kertosono sebanyak tiga kali lipat dari hari biasa.

Puncaknya mulai H-3 hingga H-2 Lebaran.

Sabil menjelaskan, lalu lintas normal sekitar 6500 per hari, 3000 di antaranya keluar gebang Tol Madiun. Diprediksi, lalu lintas mudik dan balik akan naik sekitar tiga kali lipat, sekitar 15 ribu kendaraan dan akan keluar dan berjubel di gerbang Tol Madiun maupun gerbang Tol Nganjuk.

Sabil mengatakan, untuk itu PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono (JNK) telah melakukan persiapan. Di antaranya melakukan rekayasa untuk meningkatkan kapasitas gardu dan penambahan petugas. Dia akan mengoptimalkan tiga gerbang tol, yaitu yakni GT Madiun, GT Caruban dan GT Nganjuk, untuk menyambut peningkatan arus Mudik Lebaran mendatang.

PT JNK juga melakukan penambahan petugas yang bertugas di gerbang tol. Dari yang semula hanya 27 petugas, ditambah 48 petugas, menjadi total sebanyak 75 petugas.

Sementara itu, pada Sabtu siang 25 Mei 2019, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta melakukan sidak jalur mudik, di sepanjang jalan arteri Nganjuk dari Kertosono sampai Wilangan.

Kapolres melakukan sidak bersama jajaran Forkopimda Nganjuk, untuk memastikan kesiapan kondisi jalan yang digunakan pemudik.

Polres Nganjuk bersama Kodim 0810, DPRD, PU Bina Marga, satpol PP dan dinas Perhubungan kabupaten nganjuk melakukan peninjauan, yang dimulai dari pos pantau yang berada di dekat perlintas kereta api mintil desa awar-awar kecamatan wilangan, sampai di pos pantau perempatan kertosono.

Hasil pengamatan di lapangan, Kapolres melihat perlintasan kereta api mintil telah dilakukan pembangunan jalan, dengan penambahan masing-masing bahu jalan 2 meter, sehingga dapat dilalui oleh 2 kendaraan.

Bergeser ke jembatan di kedung suko, sesuai dengan inspeksi oleh bina marga, bahwa jembatan tersebut masih layak, sehingga masih aman untuk digunakan.

Pentauan dilanjutkan ke pos yang berada di perempatan kertosono yang tersmasuk titik yang sering terjadi kemacetan setiap liburan panjang dan lebaran. Namun telah disiapkan pos untuk petugas gabungan, sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan.

Kapolres menambahkan, untuk kendaraan berat seperti truk akan dilarang melintas sejak tanggal 29 mei sampai tanggal 2 juni, kecuali sembako atau bahan pokok yang diperbolehkan untuk lewat lewat. Bagi yang melanggar akan diterapkan sanksi hukum.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, untuk titik jalan yang telah dilakukan perbaikan berada di kertosono, baron, dan awar-awar.

"Secara keseluruhan mencapai 50 persen perbaikan. Dengan metode overlay atau pelapisan ulang jalan apabila jalan bergelombang, dan metode patching atau penambalan jalan," urainya.

Polres nganjuk akan menerjunkan 490 personil ditambah dengan personil gabungan dari TNI, dinas perhubungan, satpol pp dan linmas, dan tim kesehatan. Sehingga secara keseluruhan jumlah petugas yang akan di siagakan pada mudik lebaran 2019 ini sekitar 100 personil yang dikerahkan di sepanjang jalan pemudik kabupaten nganjuk.

(ds/ab/2019)


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname