HIPMI dan Relawan Gabungan di Nganjuk Bikin Dapur Umum, Bagikan Ratusan Nasi Bungkus Per Hari

Ketua Karang Taruna Kabupaten Nganjuk Gogot Setyono ikut membagikan nasi bungkus kepada warga, di kawasan Masjid Baitul Izzah Nganjuk, Sabtu 18 April 2020 (foto : dok. HIPMI BPC Nganjuk)

Senin 20 April 2020
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Badan Pengurus Cabang (BPC) Nganjuk, bersama gabungan relawan dari berbagai komunitas, membuka dapur umum di halaman Masjid Baitul Izzah. Dapur umum tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap warga terdampak Corona.

Relawan gabungan tersebut antara lain dari Karang Taruna Kabupaten Nganjuk, Takmir Masjid Baitul Izzah Nganjuk, YPI Baitul Izzah, dan relawan lintas komunitas lainnya.

Dapur umum sengaja ditempatkan di halaman Baitul Izzah, yang berlokasi di jalan Gatot Subroto. Kawasan ini merupakan jalan protokol yang biasa dilewati warga sehari-hari. Dapur umum itu diperuntukkan bagi para tukang becak, kuli bangunan, ojol atau pun mereka yang kurang beruntung dan terdampak virus Corona.

Ketua HIPMI BPC Nganjuk Harun Musa Ishaq mengatakan, dapur umum tersebut diupayakan secara swadaya oleh para relawan, sebagai salah satu langkah dalam menangani wabah Corona.

"Kegiatan makan bersama tukang becak, ojol dan mereka yang kurang beruntung ini, sebenarnya juga dilakukan sebelum adanya pandemi Corona. Sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Kami berharap di masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya juga tergerak untuk melakukan aksi serupa," kata Harun, Ahad 19 April 2020.

Makanan yang dimasak di dapur umum tersebut disajikan dalam bentuk nasi bungkus dan diberikan langsung kepada para tukang becak, kaum duafa dan warga terdampak lainnya. Setiap harinya, sekitar 500 nasi bungkus akan diproduksi di dapur umum COVID-19 itu dan disediakan bagi warga yang membutuhkan akibat terdampak wabah Corona.

"Kegiatan dapur umum sudah dimulai sejak Sabtu (18/4) dan merupakan bentuk bakti sosial dalam rangka membantu dan sedikit meringankan beban bagi warga yang terdampak di kondisi pandemi COVID-19," jelas Harun.

Tidak hanya bantuan nasi bungkus, HIPMI Nganjuk dibantu pihak terkait sebelumnya juga telah membagikan masker, hingga menerjunkan tim penyemprotan desinfektan ke beberapa kampung dan desa, untuk ikut menanggulangi pandemi COVID-19. Kegiatan itu berpindah-pindah lokasi.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname