BNN Nganjuk Razia Gabungan di Blok Lapas Madiun


Petugas BNN Nganjuk dan tim gabungan saat memeriksa barang temuan di Lapas Klas I Madiun, Senin malam (7/6/2021)
Selasa 8 Juni 2021

matakamera, Madiun - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk melaksanakan razia gabungan di blok Lapas Kelas I Madiun, bersama Polres Madiun Kota Senin malam (7/6/2021).

Penggeledahan difokuskan di dua blok narkoba untuk mengantisipasi peredaran gelap Narkotika dan barang terlarang lainnya yang masuk ke lapas.

Dokter Umum BNN Nganjuk dr. Prasetya Rastra Sewakottama menuturkan, dalam razia tersebut petugas menemukan antara lain obat gatal, obat anti alergi, obat batuk pilek dan obat nyeri pada sendi. Untuk temuan ini, pihaknya bisa memaklumi karena obat-obatan tersebut berasal dari Klinik Lapas.

"Kalau dikatakan bahaya, semua obat-obatan itu berbahaya. Tapi akan aman asalkan digunakan di jalur yang benar," ujarnya.

Untuk memastikan kondisi lapas steril dari peredaran narkotika, sebanyak 24 orang menjalani pemeriksaan tes urin. Terdiri sembilan pegawai atau pejabat lapas serta sampel 15 orang dari total 600-an WBP di 11 kamar yang ada di dua blok narkoba. Hasilnya, seluruhnya dinyatakan negatif.

Kalapas Kelas I Madiun, Asep Sutandar mengatakan, razia yang sama rutin dilakukan seminggu sekali. Namun sifatnya internal. Kali ini, razia dilakukan bersama aparat penegak hukum (APH). Dalam kegiatan itu, petugas gabungan menemukan sejumlah obat-obatan dan senjata tajam (sajam) yang dibuat sendiri oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Hasil temuan obat-obatan disebutnya sebagian besar berasal dari klinik lapas.

"Tapi saya tidak tahu siapa pemiliknya yang jelas kita temukan di kamar warga binaan. Kemudian terkait Sajam, ini mayoritas dibuat oleh mereka sendiri bukan berasal dari luar. Yaitu dari sendok, bekas gergaji dan dari bekas korek api yang dijadikan Sajam. Jelas itu tetap kami sita," ungkapnya.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System