Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Bojonegoro Terus Digencarkan

Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia saat memberikan semangat kepada salah satu warga lansia, yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Temayang, Kamis (18/11/2021)/matakamera.net - Panji LS
Kamis 18 November 2021

matakamera, Bojonegoro - Demi mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Bojonegoro, Satgas Covid-19 dan aparat terkait terus membuka gerai secara masif.

Di mana, petugas kepolisian maupun TNI secara all out mengawal pelaksanaan vaksinasi sampai ke pelosok-pelosok desa.

Salah satunya tampak di gerai vaksin Puskesmas Temayang, yang ditinjau langsung oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia pada Kamis (18/11/2021).

Di sela-sela peninjauannya, Pandia menekankan bahwa kelompok lansia menjadi prioritas dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Bojonegoro.

"Karena itu kita terus gencarkan vaksinasi untuk lansia, karena mereka merupakan kelompok rentan, kekebalan tubuhnya gampang menurun seiring bertambahnya usia. Dengan kita percepat vaksinasi ini harapannya bisa terbentuk herd immunity," kata Pandia, Kamis (18/11/2021).

Ia juga mengatakan, bahwa upaya percepatan vaksinasi untuk lansia juga terus dilakukan di berbagai desa dan kecamatan lainnya di Bojonegoro, dengan ujung tombaknya adalah babinkamtibmas, babinsa, tenaga kesehatan dan pemdes.

Di hari yang sama, di Balai Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro, juga digelar vaksinasi Covid-19 bagi lansia dan masyarakat umum.

Koordinator kegiatan, Kapten (Inf) TNI Heri Sukiyanto mengatakan, vaksinasi di Balai Desa Tlogorejo mengalokasikan 400 dosis vaksin jenis Sinovac. Serta, mengerahkan puluhan tenaga kesehatan dari Polkes dan Kodim 0813/Bojonegoro, dibantu relawan kesehatan Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro.

"Kodim 0813/Bojonegoro bersama koramil-jajarannya akan terus berupaya dengan cara jemput bola, mendatangi dan mendorong para lansia untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi. Tujuannya agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok," kata Heri.

Selain itu, lanjut Heri, disiplin penerapan protokol kesehatan juga tetap harus ditegakkan. Antara lain dengan tertib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan membatasi mobilitas.

"Harus tetap dijalankan di manapun berada," imbuhnya.

Salah satu lansia peserta vaksinasi di Tlogorejo, Ngaluwi, 80, mengaku bersemangat dan tidak takut disuntik vaksin.

Ia yang baru menerima vaksin dosis pertama itu juga mengaku sudah mengetahui, bahwa vaksinasi sangat bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh, serta mencegah penularan Covid-19.

“Alhamdulillah tidak ada keluhan apa-apa setelah disuntik. Semoga setelah divaksin, lansia seperti saya ini menjadi lebih sehat," pungkas Ngaluwi.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System