Kejari Nganjuk Tetapkan Pemenang Lelang Barang Rampasan

Penetapan pemenang lelang barang rampasan Kejari Nganjuk dihadiri oleh pejabat KPKNL Surabaya, Agoeng Asmynendar (4/1/2022)
Kamis 6 Januari 2022

matakamera, Nganjuk - Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk menetapkan pemenang lelang barang rampasan secara virtual pada Kamis (4/1/2022), di kantor kejaksaan setempat.


Kepala Kejari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth mengatakan, barang yang dilelang merupakan barang rampasan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau inkracht.

Menurut Nophy, barang dilelang hingga didapatkan pemenangnya.

"Barang rampasan yang dilelang ini berasal dari perkara narkotika, kehutanan, dan migas," ujar Nophy, kepada wartawan Kamis (6/1/2022).

Jumlah barang rampasan yang dilelang disebut Nophy sebanyak 12 unit, yang terdiri dari kendaraan roda dua 8 unit dan roda empat 4 unit dengan total nilai transaksi Rp 59.300.000.

Lebih lanjut Nophy mengatakan, untuk menjaga transparasi, lelang diselenggarakan melalui KPKNL di Surabaya.

"Lelang secara online melalui situs resmi KPKNL lelang.go.id, melalui metode close bidding dari tanggal 30 Desember 2021 sampai 6 Januari 2022,” ujarnya.

Nophy mengatakan, pelaksaan lelang secara online ini untuk menghindari perbuatan tercela dalam pelaksanaan lelang.

Sedangkan pelaksanaan penetapan pemenang lelang di Kantor Kejari Nganjuk dilakukan oleh Pejabat Lelang KPKNL Surabaya, Agoeng Asmynendar.

“Peserta lelang dari keseluruhan kegiatan berjumlah 260 peserta lelang, dengan total nilai lelang akhir keseluruhan sebesar Rp 137.470.517 yang harus dilunasi oleh peserta lelang paling lambat tanggal 13 Januari 2022 dengan bea lelang sebesar 3 persen,” tutur Nophy.

Jika pemenang lelang tak segera melunasi, lanjut Nophy, maka akan dibatalkan dan uang jaminan yang sebelumnya disetorkan akan hangus dan langsung disetorkan ke kas negara.

“Perolehan lelang ini cukup besar mengingat jumlah PNPB yang berhasil disetorkan oleh seksi pengelolaan dan barang rampasan tahun 2021 berjumlah Rp 31.518.500, dan diawal tahun 2022 sudah berhasil melaksanakan lelang dengan nilai lelang sebesar Rp 137.470.517,” pungkas Nophy.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System