Tim Gabungan Perhutani Kediri dan Polsek Loceret Berhasil Amankan Pelaku Illegal Logging

Terduga pelaku illegal logging berikut barang bukti saat diamankan di Mapolsek Loceret, Polres Nganjuk, Selasa (12/4/2022)
Selasa 12 April 2022

matakamera, Nganjuk - Aparat Polhut Perhutani KPH Kediri bersama Polsek Loceret, Polres Nganjuk berhasil mengungkap kasus illegal logging atau penebangan pohon tanpa izin (PPTI) di wilayah hutan Perhutani Kediri, tepatnya di Petak 86 K, RPH Plangkat, BKPH Pace, pada Selasa dini hari (12/4/2022).

Dalam kasus tersebut, petugas mengamankan seorang pelaku bernama Yateno, warga Dusun Dodol, Desa Klodan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Administratur Perhutani KPH Kediri Rukman Supriatna melalui Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan Henny Rachmawati mengatakan, terungkapnya kasus illegal logging ini bermula pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.45 WIB, ketika petugas patroli gabungan Polhut dan polsek mendapat informasi terkait aksi PPTI di sekitar hutan RPH Plangkat.

"Selanjutnya, petugas Perhutani Kediri bersama Polsek Loceret merapat ke lokasi, dan memang betul mengetahui mobil pikap yang mencurigakan sedang melintas di jalan desa di depan pabrik pecah batu Dusun Gilis, Desa Macanan," terang Henny.

Setelah diberhentikan dan diperiksa, petugas mendapati di bak mobil terdapar 8 batang kayu jenis sono. Saat itu juga sang sopir brrnama Yateno berikut barang bukti kayu langsung  diamankan ke Polsek Loceret untuk proses penyidikan.

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang melalui Kasi Humas Iptu Supriyanto menambahkan, pelaku Yateno saat ini telah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan penyidik. Ia disangka melanggar Undang-Undang Republik Indonesia No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan sebagaimana telah dirubah dan ditambah dengan Undang-undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan ancaman pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System