Panduan Lengkap Memasang Iklan di Google Ads

Google Ads

Ahad 31 Juli 2022

matakamera, Jakarta - Bagi anda yang terbiasa menggunakan layanan Google, mungkin sudah pernah mendengar salah satu produknya yang bernama Google Ads atau Google Adwords.

Google Ads adalah produk layanan yang membantu pelaku usaha memasang iklan secara efektif di dunia maya. Produk ini dinilai sangat pas untuk beragam kategori usaha, baik skala kecil, menengah, maupun skala besar.

Bagi yang baru mendengar, mungkin akan bertanya apa itu Google Ads. Sedangkan yang sudah mulai mempelajari dan mencoba, mungkin juga masih menyimpan sederet pertanyaan, seperti bagaimana cara daftar dan memasang iklan di Google Ads, menggunakan Google Ads Manager, Mempromosikan Bisnis di Google Ads atau Campaign Google Ads.

Ada pula yang ingin mencari tahu cara login Googe Ads Indonesia, menggunakan kupon Google Ads, membuka Dasbor Google Ads, hingga bagaimana merespons jika Dapat Email Google Ads.

Sekilas Tentang Google Ads

Sebagai panduan awal, perlu diketahui dulu bahwa Google Ads menyediakan layanan bagi para calon pengiklan untuk memperkenalkan brand, merk, maupun citra produk bisnis mereka agar dikenal luas. Tujuan akhirnya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan lebih maksimal.

Pengiklan juga perlu memahami bahwa Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang akan ditampikan di pencarian Google. Dengan kata lain, pengiklan harus membayar agar iklannya bisa ditampilkan dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu, yang relevan dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

Kata kunci atau keyword yang tepat sasaran sangat diperlukan, saat anda beriklan melalui perantara Google Ads. Ini agar hasil pencarian produk bisnis Anda bisa berada di halaman pertama pencarian Google.

Rumusnya, semakin tinggi posisi di laman pencarian Google, maka semakin tinggi pula peluang iklan dilihat lebih banyak orang. Artinya akan semakin besar pula potensi untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan.

Cara Pasang Iklan di Google Ads

Dengan penjelasan singkat di atas terkait Google Ads, mungkin anda sekarang mulai tertarik untuk mencoba memasang iklan produk dan jasa anda menggunakan layanan ini.

Namun sebelum mencoba, ada baiknya kita mengetahui dulu dasar-dasar penggunaan layanan Google Ads agar lebih efektif dan tepat sasaran saat mempraktikkannya. Berikut ini poin-poin dasar seputar Google Ads yang perlu anda ketahui :

1. Bagaimana Google Ads Mempromosikan Bisnis Anda

Google Ads menjaring calon konsumen yang sedang mencari kebutuhan mereka melalui komputer, laptop maupun ponsel, dengan petunjuk kata kunci atau keyword di kolom pencarian Google. Ketika calon konsumen mengetik kata tertentu, maka produk atau jasa dari bisnis Anda akan turut ditampilkan di halaman pencarian Google.

Sebagai contoh, ketika orang mengetikkan kata kunci 'baju korea murah', lalu anda sebagai penjual baju tersebut mengoptimalkan fitur Google Ads, dengan pemilihan keyword yang terbaik dari pencarian organik, maka kemungkinan orang membuka situs lapak anda sangat tinggi.

Ketika Anda sudah berhasil membuat situs iklan di posisi paling atas, maka tingkat kepercayaan calon konsumen akan meningkat juga. Hal itu dapat membuat mereka tertarik untuk membeli produk barang atau jasa dari bisnis anda.

2. Biaya Iklan di Google Ads

Memasang iklan Google Ads pada dasarnya sama dengan konsep memasang iklan secara konvensional. Anda sebagai pebisnis dan pengiklan tentu sudah menyiapkan perhitungan, agar pengeluaran biaya iklan tidak lebih besar daripada pendapatan dalam kurun waktu yang lama.

Di Google Ads, anda hanya perlu membayar iklan ketika orang mengeklik dan membuka situs usaha anda. Secara umum, mekanisme pembayaran iklan di Google Ads digambarkan dalam pilihan/opsi berikut ini :

a. Pay per Thousand Impression atau Bayar per Seribu Tayangan

Pengiklan hanya akan dikenakan biaya setiap ada 1.000 orang yang melihat iklan yang dijumpai di halaman pencarian Google. Ini adalah cara yang efektif jika ingin melihat penambahan signifikan dan efek iklan ke dalam omzet.

b. Pay per Click atau Bayar per Klik
Pengiklan hanya membayar ketika calon konsumen mengeklik situs iklan. Sedangkan jika mereka hanya melihat iklan tanpa klik, maka pengiklan tidak perlu membayar.

c. Pay per Conversion atau Biaya per Konversi

Opsi yang ketiga ini dinilai paling efektif, karena pengiklan hanya diwajibkan membayar kepada Google ketika calon konsumen memenuhi target pengiklan.

Sebagai contohnya, iklan sebuah produk di marketplace. Pengiklan baru membayar ketika calon konsumen benar-benar mengakses situs iklan yang dapat dilihat dari lama waktu mereka menjelajahi halamannya,  kemudian apakah calon konsumen memasukkan produk di keranjang belanja.


3. Cara Daftar Akun Google Ads

Setelah mengetahui dan memahami cara kerja Google Ads, maka langkah berikutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran akun. Berikut ini langkah-langkah pendaftaran hingga pembayaran iklan di Google Ads :

a. Buka browser di komputer, laptop atau ponsel anda, kemudian akses situs Google Ads

b. Sebelumnya, pastikan anda sudah sign in ke dalam akun Google anda, yang akan anda digunakan sebagai akun Google Ads.

c. Di halaman Google Ads, klik menu 'Get started' atau 'mulai sekarang' dan pilih satu dari tiga tujuan pengiklanan Anda

d. Isilah jawaban pada kolom deskripsi bisnis dan masukkan URL situs iklan anda

e. Isilah radius jangkauan konsumen yang ingin anda target

f.  Tentukan kata kunci atau keyword pencarian yang identik dengan produk atau jasa anda

g. Isilah lima kolom yang menjelaskan headline dan deskripsi iklan anda

h. Masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google. Nomor ponsel tersebut akan digunakan oleh calon konsumen untuk menghubungi anda

i. Anda akan melihat tiga opsi biaya atau paket pembayaran dari Google yang akan anda bayar per bulannya. Selain itu anda diberikan kebebasan untuk menentukan budget sendiri.

j. Selesaikan informasi transaksi pembayaran

4. Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Sebagai sebuah produk layanan, Google Ads juga memiliki kelebihan dan kekurangan bagi pengiklan.

Untuk kelebihannya antara lain biaya iklan dapat dimonitor atau dikontrol, efektif menaikkan omzet bisnis, pilihan format iklan yang tidak monoton, serta reputasi situs bisnis meningkat seiring dengan optimasi mesin pencarian.

Adapun kekurangannya antara lain pengiklan tidak selalu mudah menggaet konsumen, mahalny fitur Google Ads Premium, serta keterangan iklan tidak bisa dihilangkan.

Demikian penjelasan terkait Google Ads, untuk informasi yang lebih mendalam kunjungi halaman Google Ads, KLIK DI SINI

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System