BNNK Nganjuk Tes Urine 60 Calon Anggota Panwascam Jelang Dilantik

Petugas BNNK Nganjuk saat mendata salah satu Calon Anggota Panwascam yang akan menjalani tes urine, Kamis (27/10/2022) di Bawaslu Nganjuk
Jumat 28 Oktober 2022

matakamera, Nganjuk - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk melaksanakan tes urine bagi 60 orang Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Kabupaten Nganjuk, Kamis (27/10/2022), di Kantor Bawaslu Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya memerangi narkoba, yang dikenal dengan istilah P4GN, yakni Penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap dan Prekusor Narkotika. 

Dalam hal ini, secara khusus di lingkungan Anggota Panwascam dan Bawaslu Kabupaten Nganjuk.

Kepala BNN Kabupaten Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si, melalui Kasubbag Umum Setiawan Budianto S.Kom mengatakan, berdasarkan hasil tes urine, seluruh Calon Anggota Panwascam se-Kabupaten Nganjuk tersebut dinyatakan negatif narkoba. Di mana, pada hari yang sama mereka akan dilantik secara resmi sebagai Anggota Panwascam.

"Kesadaran untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan serta peredaran narkotika merupakan tanggung jawab bersama baik Bawaslu, BNN, dan seluruh lembaga. Terutama dalam menciptakan pengawas pemilihan umum yang bersih dan bebas narkoba," ujar Setiawan.

Pihaknya pun mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Nganjuk yang telah berupaya mewujudkan pengawas pemilihan yang bersih dari narkotika, melalui kegiatan tes urine ini.

"Ini adalah bentuk keseriusan Bawaslu Kabupaten Nganjuk dalam mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerjanya," imbuh Setiawan.

Sementara itu, Ketua Pokja Rekrutmen Anggota Panwascam Kabupaten Nganjuk, Abdul Syukur Junaidi S.Ag mengatakan, kegiatan tes urine dengan menggandeng BNNK Nganjuk ini merupakan bagian dari tahapan rekrutmen Panwascam yang sangat penting dan wajib dilalui.

“Hal ini sesuai regulasi dan persyaratan bahwa pengawas pemilu harus bebas dari narkoba. Harapan kami panwas nantinya sudah tidak ada lagi yang terpengaruh dengan narkoba,” ujarnya.

Syukur juga menjelaskan, jika ditemukan ada anggota yang positif narkoba, maka akan langsung diberikan sanksi tegas berupa PAW (Pergantian Antar Waktu), sesuai arahan dari Bawaslu Jawa Timur.

"Dengan adanya tes urine ini diharapkan bisa menciptakan keluarga besar Bawaslu Nganjuk yang terbebas dari Narkoba," pungkas Syukur.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System