Di SMAN 1 Dander, Kacabdisdik Jatim Ajak Siswa Perkuat Literasi Digital

Kepala Cabdisdik Jatim Wilayah Bojonegoro-Tuban, Adi Prayitno S.Pd., M.M.Pd., (pegang mikrofon) saat menjadi narasumber di SMAN 1 Dander bersama Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Jumat (14/10/2022)
Ahad 16 Oktober 2022

matakamera, Bojonegoro - Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Jatim wilayah Kabupaten Bojonegoro-Tuban, Adi Prayitno S.Pd., M.M.Pd., terus berupaya meningkatkan literasi digital di lingkungan pelajar.

Yang terbaru, Adi Prayitno bersama Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah membekali siswa-siswi SMA Negeri 1 Dander, Bojonegoro agar lebih melek literasi digital, Jumat (14/10/2022).

Di hadapan ratusan siswa-siswi SMA setempat, Adi menekankan pentingnya literasi digital sebagai bekal kaum milenial. Di mana, salah satu tujuannya untuk menangkal penyebaran berita-berita hoaks atau berita bohong.

Adi Prayitno menjelaskan, penguatan literasi digital diperlukan sebagai salah pengetahuan dasar bagi generasi milenial.

Dengan begitu, anak-anak muda bisa melindungi diri dari derasnya arus media internet, memiliki kemampuan berpikir kritis, serta mampu mengekspresikan diri dan berpartisipasi secara positif di era teknologi digital saat ini.

"Semakin banyak membaca dan mendengarkan, maka akan meningkatkan kecerdasan kita dalam merepons informasi yanh diterima. Output-nya akan terlihat dari cara kita berbicara dan menulis. Untuk itu, jika ada informasi tidak benar, cerna dan filter sebelum menyebarkannya,” urai Adi.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, dalam kesempatan yang sama mengatakan, literasi digital menjadi hal penting untuk panduan generasi milenial, dalam menggunakan gawai atau alat komunikasi lainnya sesuai manfaat.

Bupati Anna juga berpesan, agar para siswa terus meningkatkan kedisiplinan, membudayakan gotong-royong, belajar tekun serta menunaikan hak dan kewajiban sebagai siswa dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Danpok Bansus Unit Intel KODIM/0813 Bojonegoro, Serma Eko Subari Suli yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan, ciri-ciri informasi hoaks antara lain mengandung kata-kata "sebarkanlah", "viralkanlah", dengan menggunakan huruf besar dan tanda seru.

“Selain itu menggunakan blog gratisan,” imbuhnya.

Ka Subsi PID Mulitimeldia Si Humas Polres Bojonegoro Aipda Malik Purnomo menegaskan jika memperoleh informasi lebih baik untuk baca, tanya, cek, dan pastikan kebenarannya.

“Saring sebelum sharing. Posting yang penting, bukan yang penting posting,” tegas Apida Malik.

Hadir Forkopimca Dander, Kodim 0813, Polres Bojonegoro, Kepala Sekolah SMAN 1 Dander beserta guru, siswa, serta jajaran pejabat dan staf Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro dan tamu undangan.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System