Jatim Juara Umum! Kemendikbudristek Beri Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022

Salah satu peserta dari Jatim saat menerima penghargaan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022 dari Kemendikbudristek

Sabtu 26 November 2022

matakamera, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022, pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, di Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Apresiasi terbagi dalam 18 kategori terbaik, dengan memilih 10 orang untuk tiap kategori. Di mana, peserta terbanyak peraih trofi penghargaan berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Jatim mendominasi penghargaan GTK dengan 28 peserta terbaik

Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini mendominasi daftar peserta terbaik hampir di seluruh kategori, dengan total sebanyak 27 orang. Di bawahnya, atau urutan kedua, diraih Provinsi Jawa Barat dengan 26 orang, disusul Jawa Tengah sebanyak 25 orang.


Adapun dari DKI Jakarta terpilih 6 orang peserta yang mendapatkan apresiasi terbaik. Sedangkan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 4 orang.

Untuk diketahui, 18 kategori tersebut antara lain Guru TK Terbaik; Guru Pendidikan PAUD Terbaik; Pamong Belajar Terbaik; Penilik Terbaik; Guru SD Terbaik; Guru SMP Terbaik; Guru SMA Terbaik; Guru SMK Terbaik; Guru SLB Terbaik.

Kemudian, Kepala TK Terbaik; Kepala SD Terbaik; Kepala SMP Terbaik; Kepala SMA Terbaik; Kepala SMK Terbaik; Kepala SLB Terbaik; Pengawas TK Terbaik; Pengawas Pendidikan Dasar Terbaik; dan Pengawas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Terbaik.

"Alhamdulillah ini melengkapi capaian yang sudah diraih Jawa Timur sebelumnya di jenjang SMA, SMK, SLB sekarang GTK. Terimakasih kepada seluruh guru, kepala sekolah, dan pengawas atas semangat dan kerja keras dalam melakukan transformasi sistem belajar mengajar di Jawa Timur," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawana di tengah kunjungan misi dagang Jawa Timur di Riyadh, Minggu (27/11/2022).

Khofifah mengatakan, Apresiasi GTK Inspiratif 2022 ini diberikan kepada peserta terbaik dari masing-masing bidang lomba, karena para Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut dapat menunjukkan praktik dengan baik pada program kurikulum merdeka dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik.

"Dalam program kurikulum belajar ada yang namanya pembelajaran berdiferensiasi. Nah, bagaimana guru dan tenaga kependidikan dapat mengimplementasikan kepemimpinan, pendampingan, yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya. Mereka yang berinovasi menjadi terbaik dalam ajang apresiasi dari Kemdikbudristek ini," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi MT mengatakan melalui apresiasi ini para guru dan tenaga kependidikan diharapkan semakin terpacu untuk terus berinovasi. Selain itu, juga menjadi semangat bagi guru lainnya untuk terus "berkompetisi" dalam menciptakan inovasi baru pembelajaran.

"Ini pacuan untuk terus berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi pembelajaran. Dengan banyak inovasi dari para guru dan tenaga kependidikan akan membuat perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan," tegasnya. 

Wahid melanjutkan, banyak wadah yang sudah diberikan bagi para guru dalam peningkatan kualitas. Di lingkup Dinas Pendidikan Jatim, ada program GTK Creative Camp (GCC) untuk asah inovasi pembelajaran. Selain itu, terdapat juga pembinaan bagi guru dan tenaga kependidikan dalam menciptakan inovasi.

Untuk diketahui, para peserta terbaik jenjang SMA/SMK dan SLB dalam Apresiasi GTK Inspiratif 2022 diantaranya pada kategori guru diraih Hadista Ari Santoso (SMAN 1 Krian kab Sidoarjo), Candra Winata (SMKN 2 Pamekasan), Mauludatul Karimah (SLBS Muhammadiyah Gresik).

Di kategori kepala sekolah ada Dwi Anggrarni dari (SMKN 1 Probolinggo), Wahyu Setiyani (SLB-A Aisyiyah Ponorogo). Terakhir kategori Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus satuan Dinas Pendidikan Prov Jatim, diraih oleh Drs Suyono, M.M, Sugiono M.Pd, Klara Akustia Sujoto, S.Pd., M.Pd dan Dr Ninik Kristiani, M.Pd.

Selain Apresiasi GTK Inspiratif 2022, prestasi lainnya juga diraih Guru dan Tenaga Kependidikan Jatim, diantaranya, prestasi tingkat international yang diraih Budi Santoso guru SMAN 21 Surabaya, meraih medali emas dalam Youth International Science Fair 2021 yang digelar Kementerian Seketariat Negara.

Selanjutnya Siti Nurwaqoiyah dari SMAN 3 Ponorogo, meraih medali emas dalam karya tulis ilmiah di Jepang, Idea and Invention Expo 2021. Terakhir, Marta Mila Sughesti dari SMA 2 Situbondo meraih juara 1 dalam lomba Special Award For Benefit To The Local Community (Mathematics  Category)  tahun 2022.

Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani menyampaikan, selain mendapatkan sertifikat penghargaan, para peserta terbaik akan mendapatkan dana pembinaan, serta laptop dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Penghargaan khusus bagi peserta terbaik diberikan karena para guru dan tenaga kependidikan tersebut dapat menunjukkan praktik baik dalam mengimplementasikan kepemimpinan/pendampingan/implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya.

“Apresiasi ini diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang telah memenuhi persyaratan, yaitu mereka yang telah menerapkan Merdeka Belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik. Inovasi mereka dapat ditemukan di instalasi bukti karya,” kata Nunuk.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya mengatakan, apresiasi ini merupakan bentuk penghormatan Kemendikbudristek kepada guru, pamong, penilik, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi dari jenjang PAUD sampai SMA dan SMK.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System