Tentukan Pihak Ketiga Pengisian Perangkat Desa, Dinas PMD Nganjuk Koordinasi bersama Panitia se-Kecamatan Rejoso

Suasana rapat koordinasi Dinas PMD dengan panitia pengisian perangkat desa se-Kec. Rejoso Senin malam (5/12/2022)
Selasa 6 Desember 2022

matakamera, Nganjuk - Pelaksanaan pengisian perangkat desa di Kabupaten Nganjuk segera digelar pada akhir tahun ini. Tahapannya yang terbaru, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk mengundang para panitia ujian dari setiap desa penyelenggara secara bergelombang.

Pada Senin malam, (5/11/2022), Dinas PMD Nganjuk mengundang seluruh panitia ujian perangkat desa se-Kecamatan Rejoso, beserta Camat Rejoso selaku ketua pengawas. Untuk diketahui, ada sebanyak 21 desa di Kecamatan Rejoso yang melaksanakan pengisian perangkat desa akhir tahun ini.

Formasi lowongannya beragam, mulai sekretaris desa, kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan, kasi pelayanan, kaur tata umum, kaur keuangan, dan kaur perencanaan, hingga kepala dusun (kasun).

Kepala Dinas PMD Nganjuk Puguh Harnoto

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Puguh Harnoto di sela-sela pertemuan mengatakan, dalam seharian itu pihaknya mengundang panitia pengisian perangkat desa dari empat kecamatan berbeda. Di mana, untuk Kecamatan Rejoso digelar pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB.


"Pertemuan hari ini menjawab surat dari panitia (pengisian perangkat desa, red), terkait koordinasi untuk menentukan pihak ketiga, yang nanti akan digunakan oleh panitia desa untuk melaksanakan ujian seleksi perangkat desa, sebagaimana diamanatkan dalam Perbup Nomor 21 tahun 2022," terang Puguh.

Pihak ketiga yang dimaksud berasal dari institusi perguruan tinggi, yang memiliki kompetensi untuk menyelenggarakan ujian dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Menurut Puguh, pihak desa memiliki peran besar dalam pelaksanaaan pengisian perangkat ini. Mulai dari pengalokasian anggaran yang bersumber dari APBDes masing-masing, hingga penentuan pihak ketiga yang akan menyelenggarakan ujian.

"Karena itu koordinasi semacam ini sangat penting, agar pelaksanaan pengisian perangkat ini dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan objektif," papar Puguh.

Selain Kecamatan Rejoso, pengisian perangkat desa akhir tahun ini juga digelar di wilayah Kecamatan Kertosono, Lengkong, Jatikalen, Ngetos, Tanjunganom, Patianrowo, dan Kecamatan Berbek. Totalnya sebanyak 94 desa, dan terdapat 251 lowongan formasi. “Setiap desa berbeda pengisian perangkat desanya tergantung lowongannya,” imbuh Puguh.

Untuk diketahui, sesuai Perbup 21/2022, panitia pengisian perangkat desa memiliki kewenangan untuk mengajukan sendiri perguruan tinggi pilihan masing-masing, sebagai pihak ketiga untuk menggelar ujian. 

Namun, jika panitia belum memiliki pilihan pihak ketiga, maka Dinas PMD Kabupaten Nganjuk telah menyediakan beberapa pilihan perguruan tinggi yang sudah menyatakan kesiapannya. Beberapa contoh di antaranya Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Merdeka (Unmer) Malang, hingga UIN Blitar.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System