Kolaborasi Kemanusiaan Polisi-Aktivis Buruh, Berangkatkan Balita Hidrosefalus Kedungrejo ke RSUD dr Soetomo

Balita Rifana saat diberangkatkan dari rumahnya menuju RSUD dr Soetomo Surabaya, Selasa (6/12/2022)
Selasa 6 Desember 2022

matakamera, Nganjuk - Aksi Bripka Candra Andika, polisi Babinkamtibmas Desa Kedungrejo, Polsek Warujayeng, Polres Nganjuk dan Kelik Widiwahyuno, aktivis buruh KSBSI Nganjuk patut diteladani.

Betapa tidak, di luar kesibukan masing-masing, keduanya masih sempat dan mampu berkolaborasi dalam kegiatan kemanusiaan.

Mereka secara swadaya membantu pengobatan Rifana Maria Puspitasari, balita perempuan berusia 3 tahun asal Dusun Barong, Desa Kedungrejo, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, yang menderita penyakit hidrosefalus atau penumpukan cairan di dalam rongga otak.

Kapolsek Warujayeng Kompol Lilik Suharyono dan Aktivis KSBSI Kelik Widiwahyuno (kanan) saat memberangkatkan balita Rifana menuju RSUD dr Soetomo Surabaya (6/12/2022)

Pada Selasa (6/12/2022), Bripka Candra Andika dan Kelik memberangkatkan balita dari keluarga tak mampu itu ke RSUD dr Soetomo untuk mendapatkan penanganan medis dan penyembuhan penyakit yang dideritanya.

Pemberangkatan dari rumah orangtua Rifana disaksikan langsung oleh Kapolsek Warujayeng Kompol Lilik Suharyono.

"Alhamdulillah hari ini pemberangkatan adik Rifana, balita penderita hidrosefalus warga Desa Kedungrejo, menuju RSUD dr Soetomo. Ini berkat upaya kemanusiaan dari rekan-rekan wartawan, aktivis buruh dan anggota Babinkamtibmas Desa Kedungrejo, yang telah membantu seluruh proses hingga pemberangkatan hari ini. Mudah-mudahan membawa berkah bagi kita semua," ujar Kompol Lilik.

Ia juga mengapresiasi para donatur yang telah membantu kegiatan kemanusiaan ini sehingga bisa berjalan lancar.

"Kami berharap, setelah mendapatkan penanganan medis yang lebih baik di RSUD dr Soetomo, ananda Rifana dalam sehat normal seperti sedia kala, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk lebih peduli kepada sesama di lingkungan sekitar," imbuh Lilik.

Aktivis KSBSI Kelik Widiwahyuno menambahkan, kegiatan hari ini adalah kegiatan kemanusiaan, sehingga ia akan terus memberikan support untuk kesembuhan balita Rifana.

"Semoga ini menjadi jalan bagi kesembuhan bagi adik Rifana," ujarnya.

Sementara itu, Bripka Candra Andika yang ikut mengantar balita Rifana ke RSUD dr Soetomo menuturkan, aksi kemanusiaan yang dilakukannya ini berawal dari kegiatan rutinnya melakukan silaturahmi atau sambang desa.

Saat turun ke lapangan itulah, Bripka Andika mendapatkan laporan dari Kepala Dusun Barong, bahwa adalah satu balita di dusun setempat, yang menderita hidrosefalus sejak usia 3 bulan, serta belum mendapat penanganan yang layak.

"Sesuai motto Polri mengayomi, melindungi dan melayani, maka kami berinisiatif membantu. Apalagi melihat orangtua ananda Rifana dari keluarga tidak mampu," ujar Bripka Andika.

Sebelum mendapat bantuan ini, balita Rifana sempat dibawa ke RSUD setempat dan harus dilakukan tindakan operasi. Namun karena kendala biaya, upaya tersebut urung dilakukan dan orangtua memilih pengobatan alternatif.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System