Plt Bupati Marhaen Serahkan KTP Elektronik dan KIA di SMAN 2 Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat menghadiri penyerahan KTP elektronik dan KIA di SMAN 2 Nganjuk
Sabtu 11 Maret 2023

matakamera, Nganjuk - Plt Bupati Nganjuk menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Kartu Indonesia Anak (KIA) secara simbolis kepada sekolah-sekolah yang sudah terlayani program JEBOL GAWANG (Jemput Bola Gawek’ne Administrasi Kependudukan Warga Nganjuk), Jumat (10/3/2023).

Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nganjuk Gatut Sugiarto, Kepala Sekolah SMP, SMA, dan SMK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan undangan lainnya serta siswa siswi SMAN 2 Nganjuk. 

Untuk diketahui, Jebol Gawang melayani pembuatan KTP EL baru dan penerapan IKD (Identitas Kependudukan Digital). Dalam acara hari ini, sejumlah 483 KTP EL dan 1.029 KIA yang telah selesai akan distribusikan ke sekolah-sekolah.

Inovasi “JEBOL GAWANG” Disdukcapil Kabupaten Nganjuk ini merupakan gagasan Plt. Bupati Nganjuk Kang Marhaen, bagaimana lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi administrasi kependudukan ini sangat penting untuk segala jenis keperluan yang diawali dari KK dan KTP. 

"Jebol Gawang ini menyasar sekolah, pondok pesantren, desa-desa dan instansi, dimana masalah kebutuhan adminduk kadang belum terlayani secara optimal," ujar Kang Marhaen. 

Pada kesempatan tersebut, Kang Marhaen juga melakukan dialog bersama siswa-siswi SMAN 2 Nganjuk dan memberikan motivasi kepada mereka dalam meraih cita-cita. Dirinya juga mendorong para siswa ini untuk bisa menggunakan IKD/ KTP Digital. 


"Hasil capaian inovasi JEBOL GAWANG hingga hari ini juga langsung kita distribusikan melalui kepala sekolah. Layanan kependudukan dengan sistem jemput bola seperti ini akan terus kita maksimalkan," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil dalam laporannya menjelaskan pemerintah saat ini telah menargetkan 25% atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital / IKD (Identitas Kependudukan Digital) di handphonenya.

"Ini jelas menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Nganjuk. Karenanya layanan JEBOL GAWANG diharapkan mempercepat migrasi IKD dari para penduduk yang telah melakukan perekaman KTP EL," ungkap Gatut. 

Lebih lanjut, Gatut menyampaikan bahwa pelayanan Jebol Gawang ini juga sebagai dukungan dalam rangka persiapan Pemilu 2024 nanti.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System