Kang Marhaen Bangga, Batik Khas Nganjuk Raih Juara Pertama se-Jatim

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan istri saat menerima penghargaan juara 1 Lomba Busana Batik se-Jatim (8/3/2023)
Kamis 9 Maret 2023

matakamera, Nganjuk - Kabupaten Nganjuk meraih juara pertama Lomba Batik Bordir dan Aksesoris Fair Ke-18 tahun 2023, dengan tema ‘Kilau Suwarna Kriya Nusantara’ Rabu, (8/2/2023). Desain busana khas Kota Angin tersebut dinilai menjadi yang terbaik se-Jawa Timur.

Dalam ajang tersebut, Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi dan Istrinya Yuni Marhaen, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nganjuk menjadi model dalam peragaan batik yang bersaing dengan para Bupati dan walikota sekaligus ketua Deskranasda se- Jatim yang ikut memamerkan batik unggulan asli daerah.

Kegiatan yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya selama lima hari, dari tanggal 8-12 Maret 2023 ini digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) guna merayakan HUT Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) ke- 43.

Atas raihan prestasi bergengsi tersebut, Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, mengaku bangga dan bersyukur.

“Alhamdulillah, Nganjuk juara lagi. Hal ini menjadi bukti bahwa batik asli Kota Angin tidak kalah dengan daerah lain. Sekaligus bisa disesuaikan dengan mode yang beraneka ragam," ujar Marhaen.

Kang Marhaen berharap Batik Anjuk Ladang semakin dikenal dan UMKM batik di Kota Angin semakin berkembang. Apalagi corak dan kualitasnya yang memang jempolan.“Yuk pakai Batik Anjuk Ladang,” ajaknya.

Untuk diketahui, pameran ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi pengrajin di Jawa Timur dalam mempromosikan produknya serta membangun kesadaran masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai produk lokal.

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menjelaskan, bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat masih menjadi fokus utama Pemprov Jatim dalam membangun Jawa Timur.

Pembinaan kerajinan kriya merupakan salah satu bentuk visi Pemprov Jatim Nawa Bhakti Satya, pertama Jatim Kerja, yakni pemerintah bertekad memperluas lapangan kerja dan membangun keunggulan ekonomi.

"Dan kedua, Jatim Berdaya, yakni Pemerintah bertekad memperkuat ekonomi masyarakat berbasis UMKM, Koperasi, BUMDes, dan mendorong terciptanya Desa Mandiri,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur (Dekranasda Jatim), Arumi Bachsin Emil Dardak, mengucapkan selamat ulang tahun pada Deskranasda yang ke-43.

Selanjutnya, Yuni Marhaen juga mengatakan bahwa Kabupaten Nganjuk berpartisipasi dalam rangka untuk menciptakan dan menonjolkan bahwa inilah kreativitas Kabupaten Nganjuk tidak kalah dengan produk-produk Kabupaten lain.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System