Pesilat Sabuk Pink Ramai-Ramai Tanam Pohon di Hari Valentine



hutan wilangan bagor
Para Pesilat PSHT Nganjuk saat beraksi di hutan Wilangan, Nganjuk
Matakamera, Nganjuk – Ketika kebanyakan kawula muda asyik membagikan cokelat, bunga, ataupun hadiah lainnya di hari Valentine, ratusan remaja yang menjadi siswa tingkat Jambon Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Wilangan dan Bagor, Nganjuk, Jawa Timur, memilih kesibukan lain yang jauh lebih bermanfaat.
Pada Minggu 14 Febuari 2016, sebanyak 300 siswa yang baru saja mengikuti tes kenaikan tingkat dari sabuk polos ke jambon (warna merah muda atau pink) ini, melakukan aksi sosial penanaman pohon Kayu Putih di petak 26A RPH Tunglur BKPH Bagor Perhutani KPH Nganjuk area huta Dusun Tampang Desa/Kecamatan Wilangan.
Para siswa ini dengan didampingi oleh pelatihnya di masing-masing unit latihan di wilayah Kecamatan Wilangan dan Kecamatan Bagor. Mereka tampak tak kenal lelah, meskipun harus naik turun lembah untuk melakukan penanaman pohon. Sebab, didasari motto “Memayu Hayune Bawana” atau ikut menjaga ketentraman dunia, mereka merasa ikut bertanggungjawab atas kelestarian hutan. “Valentine merupakan hari kasih sayang bagi orang di negara lain, tapi bagi PSHT, hari valentine kita manfaatkan untuk mencintai bumi tempat kita berpijak, yakni dengan cara menanam kembali hutan yang gundul,” ujar Anang Riyanto, Ketua Ranting PSHT Wilangan.
Kegiatan ini juga didukung oleh pihak kepolisian, khususnya Polsek Wilangan. Menurut Kapolsek Wilangan AKP Jumari, langkah positif ini harus didukung oleh semua pihak. Kapolsek berharap, para pesilat khususnya PSHT jangan monoton latihan saja, namun harus diimbangi kepedulian yang tinggi. “Selama kegiatan itu positif, pihak kepolisian akan selalu mendukung,” kata AKP Jumari.
Sementara Kepala RPH Tungklur BKPH Bagor, Perhutani KPH Nganjuk, Kartiono mengaku senang atas kepedulian siswa dan warga PSHT yang telah membantu melakukan penanaman pohon. “Kerjasama ini akan kita tingkatkan lagi, selama ini kita juga sering dibantu oleh warga PSHT dalam pengamanan hutan,” harapnya. (ton/ab)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname