Pertama di Nganjuk, Desa Ini Layani Keperluan Warga lewat Aplikasi Smartphone

desa rejoso
Bentuk tampilan aplikasi 'Desa Rejoso', yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Playstore di smartphone dan tablet (matakamera/foto : Panji LS)
Kamis 27 April 2017 |
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk -  Desa Rejoso, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk memang jauh dari keramaian kota. Namun jangan dikira warga dan perangkat desanya gaptek. Mereka justru punya inovasi keren di bidang teknologi informasi (IT), dengan meluncurkan aplikasi pelayanan warga via Google Playstore.

Aplikasinya diberi nama ‘Desa Rejoso’, yang dapat diunduh secara gratis oleh siapa saja. Khususnya, warga desa setempat yang sudah menggunakan smartphone.

Andika Tjahja Hendrawan, Kepala Desa Rejoso mengatakan, aplikasi Desa Rejoso bisa dipergunakan warganya untuk keperluan pengurusan surat-surat dan administrasi sebanyak 20-an item. Contohnya, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), pengurusan e-KTP, kartu keluarga, surat pindah, surat untuk keperluan bank, pengurusan surat kematian, dan berbagai keperluan administrasi lainnya.

aplikasi
Aplikasi Desa Rejoso via Google Playstore (matakamera/ist)
Secara teknis Andika menjelaskan, aplikasi bisa diunduh secara gratis di Google Playstore dengan kapasitas sekitar 5 megabyte (MB). Warga pengguna  kemudian cukup memasukkan formulir biodata diri yang tersedia di menu aplikasi, dengan mengisikan nama, nomer KTP, nomer  HP, serta uraian keperluan yang diinginkan. “Selanjutnya dengan sekali klik, surat yang diminta warga akan terhubung ke server yang ada di kantor desa,” terang Andika.

Setelah diterima pihak desa, surat permohonan akan diverifikasi berdasarkan database kependudukan, untuk memastikan pemohon memang warga Desa Rejoso. Jika sudah clear, maka admin segera mencetak dan kemudian langsung ditandatangani plus stempel oleh Kepala Desa. “Setelah surat jadi, admin akan menghubungi warga pemohon melalui SMS, bahwa surat sudah selesai dan siap digunakan,” ujar Andika.

Warga Desa Rejoso yang sudah menggunakan aplikasi ini pun merasa dimudahkan, karena bisa dilakukan di mana saja dan hanya butuh waktu beberapa menit. Selain itu, pemohon tidak perlu lagi antri berlama-lama di kantor desa.

Lebih lanjut Kades Andika mengatakan, terobosan aplikasi ini mulai diluncurkan sejak awal tahun ini, semata-mata untuk memberi pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada warganya. Jika warga mengaksesnya pada malam hari, maka surat akan jadi pada pagi hari. “Sistem online ini pertama dan satu-satunya di Nganjuk. Manfaat lainnya, sistem ini bisa menghindari praktik pungli (pungutan liar)” pungkasnya.(ab/2017)


Lihat : Profil Redaksi MATAKAMERA.NET
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname