Rel Ganda Nganjuk-Jombang Dioperasionalkan Penuh Mulai 30 Oktober 2019

KAI Daop 7 melakukan uji beban dan pemeriksaan akhir sebelum pengoperasionalan secara penuh rel ganda Baron-Jombang (sumber foto : dok. PT KAI)

Selasa 29 Oktober 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - PT KAI Daop 7 Madiun siap mengoperasikan rel ganda Kereta Api jalur Baron Nganjuk hingga Jombang, mulai Rabu 30 Oktober 2019.

Ini menyusul telah selesainya pembangunan rel ganda jalur Baron Nganjuk hingga Jombang dan setelah dilakukan uji coba beban dan kelayakan oleh Kementerian Perhubungan bersama PT KAI Daop 7 Madiun.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan pers Selasa 29 Oktober 2019 menjelaskan, sehari sebelum dioperasionalkan penuh, jalur rel ganda dilakukan pemeriksaan oleh Kepala Daop 7 Madiun bersama PPK Pengembangan Perkeretaapian wilayah Jawa Timur Kementerian Perhubungan, Yustina Nurhayati.

Apabila disimpulkan jalur sudah tidak ada persoalan dan kondisi baik, maka akan bisa dilakukan switchover atau perpindahan KA ke jalur baru.

"Jadi untuk hari ini merupakan finalisasi uji beban untuk jalur rel ganda mulai Baron Nganujuk hingga Jombang sepanjang sekitar 22 kilometer," kata Ixfan di stasiun Kertosono Nganjuk.

Setelah jalur Baron Nganjuk hingga Jombang bisa dioperasionalkan penuh, maka di wilayah Daop 7 Madiun tidak ada lagi persilangan Kereta Api dan yang ada penyusulan.

Selain itu, dikatakan Ixfan, dengan dioperasionalkanya rel ganda di wilayah Daop 7 Madiun maka akan ada percepatan perjalanan Kereta Api dan frekuensi perjalanan Kereta Api juga bisa ditambah hingga 150 kali perjalanan.

Sebelumnya frekuensi perjalanan KA di wilayah Daop 7 Madiun rata-rata mencapai 80 perjalanan KA dan frekuensi bertambah menjadi 106 perjalanan KA pada saat lebaran.

"Itulah dampak dari dioperasionalkanya rel ganda Kereta Api yang melewati wilayah Daop 7 Madiun. Tentunya itu semua untuk menambah kenyamanan penumpang KA," ucap Ixfan.

Diakui Ixfan, dengan dioperasionalkanya rel ganda KA di Daop 7 Madiun maka perlintasan rel KA akan semakin padat. Artinya, KA akan sering berlalu lalang melewati rel ganda karena akan ada persimpangan KA.

"Untuk itu, kami mengharap warga lebih waspada saat melintasi rel KA ganda. Karena sewaktu-waktu KA akan lewat dengan cepat," tandas Ixfan.

Hanya saja, tambah Ixfan, dalam tahap awal pengoperasionalan rel ganda untuk kecepatan KA rata-rata pada kisaran 80 Kilometer perjam. Namun nantinya kecepatan tersebut akan ditambah hingga kecepatan normal KA yang mencapai sekitar 100 Kilometer perjam.

"Tentunya apabila KA sudah berada pada kecepatan normal di rel ganda maka perjalanan akan semakin cepat," ujar Ixfan.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname