Ini Informasi Terbaru SIM Keliling dan SAMSAT Keliling di Kabupaten Nganjuk

SIM Keliling
Satlantas Polres Nganjuk, Jawa Timur, kini sedang mempersiapkan jadwal lokasi dan waktu terbaru pelayanan SIM Keliling. Salah satunya bisa dilihat di matakamera.net dalam waktu dekat.
matakamera, Nganjuk - Nah, bagi anda warga Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang punya rencana memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), tapi belum sempat mendatangi Yaitukantor Polres Nganjuk, tidak perlu khawatir. Anda bisa memanfaatkan layanan khusus yang diadakan oleh Satlantas Polres Nganjuk bernama Mobil SIM Keliling. Yaitu, loket layanan secara mobile di beberapa lokasi tertentu di sekitar Kabupaten Nganjuk.
Menurut keterangan Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Nganjuk Iptu Mulyani, program SIM keliling dikhususkan untuk pelayanan perpanjangan SIM A dan C bagi masyarakat Nganjuk. Yaitu sebagai alternatif yang lebih terjangkau dan lebih dekat dengan masyarakat, di samping pelayanan di kantor Satlantas Polres Nganjuk yang buka setiap Senin sampai Jumat pada jam kerja.
Warga cukup mendatangi kendaraan layanan SIM keliling terdekat dengan domisili tempat tinggal, lalu mengantre formulir permohonan SIM. Pada formulir ini, peserta wajib mengisi beberapa informasi, mulai dari bio data lengkap dengan tanda tangan.

Setelah diisi, tinggal menyerahkannya lagi ke petugas dilengkapi dengan lampiran SIM lama, fotocopi SIM, dan KTP. Selebihnya hanya tinggal menunggu giliran untuk dipanggil melakukan proses selanjutnya.
Setelah dipanggil, pemohon diminta untuk melakukan beberapa proses lain, seperti foto, penyamaan informasi dari formulir, pindai ibu jari, juga tanda tangan.Semua proses ini dilakukan di dalam kendaraan layanan SIM keliling
Tapi, memanfaatkan layanan ini buka tanpa keterbatasan. Ternyata, tidak semua layanan perpanjangan masa berlaku SIM bisa dilayani di sini. Semua layanan harus memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku. "Kalau lebih dari tiga bulan tidak bisa diperpanjang. Harus bikin ulang, caranya sama seperti bikin SIM baru harus ikut proses teori dan praktik di Satlantas Polres Nganjuk," ujar Mulyani.
Selain harus mengikuti ujian lagi, pemohon SIM baru juga dikenakan biaya Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2010. Adapun proses perpanjangan SIM bisa dilakukan sejak 14 sebelum masa berlaku SIM habis, sampai maksimal 3 bulan setelah tanggal masa berlaku.
Nah, supaya Anda lebih mengerti soal layanan apa yang bisa dimanfaatkan di SIM Keliling, simak pemaparannya berikut ini:

1. Layanan SIM keliling hanya melayani perpanjangan untuk pengendara sepeda motor (SIM C) dan mobil (SIM A).

2. Proses perpanjangan bisa dilakukan sebelum masa habis SIM berlaku dengan tenggang waktu 14 hari.

3. SIM yang masa berlakunya telah habis dapat diproses maksimal dalam kurun waktu tiga bulan terhitung tanggal berlaku habis.
Lalu, kapan jadwal program SIM keliling terbaru di Kabupaten Nganjuk? terkait hal itu, Mulyani mengaku sampai saat ini pihaknya masih mematangkan persiapan teknis setelah beberapa waktu absen karena ada kendala di mesin dan peralatan. Dalam waktu dekat ini, Satlantas Polres Nganjuk akan merilis jadwal terbaru SIM keliling untuk masyarakat.
SAMSAT Keliling Masih Dibuka Rutin di Halaman Kompleks Pujahito (Terminal Lama)
Sementara itu, program inovatif lainnya selain SIM Keliling adalah SAMSAT Keliling. Melalui program ini,  masyarakat juga mendapat kemudahan mengurus administrasi kendaraan tanpa perlu datang ke Kantor SAMSAT Nganjuk, antara lain untuk perpanjangan STNK. Menurut KBO Satlantas Polres Nganjuk Iptu Rony Yunimantara, untuk saat ini jadwal SAMSAT Keliling masih digelar secara rutin di halaman Kompleks Pujahito, Jalan Panglima Sudirman Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, "Selain itu juga berkeliling ke kecamatan-kecamatan dan desa. Biasanya untuk jadwal kamiakan kkordinasi dengan kantor desa, RT dan RW untuk diumumkan kepada masyarakat," terang Rony.
Jadwal SAMSAT Keliling Rutin di Nganjuk :
Hari Senin sampai Jumat, mulai jam 16.30 sore sampai jam 19.00 malam.(ab)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System