Sosialisasi Pentingnya Pancasila, Sareh Wiyono Gandeng IPNU-IPPNU Nganjuk

Nganjuk
Anggota MPR-RI DR Sareh Wiyono SH, MH, didampingi kader IPNU Nganjuk dan Jawa Timur, saat memaparkan pentingnya nilai Pancasila dan empat pilar kebangsaan lainnya, di Rumah Aspirasi Jalan Mastrip Nganjuk (matakamera/foto : dok. Sareh Wiyono) 
Jumat 3 Maret 2017 | Edited by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Demi melaksanakan tugas sesuai Undang-Undang, Anggota MPR-RI wajib melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan Anggota MPR-RI DR.H. Sareh Wiyono, SH., MH., dengan menggelar sosialisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Nganjuk.

Kali ini, Sareh Wiyono menggandeng 150 kader dan pengurus PC. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten  Nganjuk. Mereka diundang secara khusus di di Aula Rumah Aspirasi Jalan Mastrip. 7 Nganjuk, pada 18 Februari 2017 lalu. Termasuk, Ketua PC IPNU Nganjuk Ahmad Nur Wahid dan Ketua PC IPPNU Nganjuk Deni Nitalia.

Sareh Wiyono menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk memberikan pemahaman yang utuh terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, juga untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat. “Khususnya pelajar dan mahasiswa secara komprehensif tentang pelaksanaan Pa.ncasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar politisi kelahiran Nganjuk tersebut.

Selama kegiatan sosialisasi berlangsung, Sareh menekankan nilai-nilai penting kepada para peserta yang semuanya anak muda. Yakni, bahwa Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara & Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk final Negara. Sedangkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

nganjuk
Sareh Wiyono menyerahkan bantuan kas organisasi kepada Ketua IPNU dan Ketua IPPNU Kabupaten Nganjuk
Berikutnya, Sareh juga menjelaskan Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara,  membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila dijadikan landasan pokok dan landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia. Pancasila berisi lima sila yang pada hakikatnya berisikan lima nilai dasar yang fundamental. Nilai-nilai dasar Pancasila tersebut adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalan permusyawaratan/ perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Lebih lanjut Sareh mengatakan, keempat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, semestinya harus dijaga, dipahami, dihayati dan dilaksanakan dalam  kehidupan sehari-hari, di mana Pancasila yang menjadi sumber nilai menjadi ideologi, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai aturan yang semestinya ditaati, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati, serta Bhinneka Tunggal Ika adalah perekat semua rakyat. “Maka dalam bingkai empat pilar tersebut yakinlah tujuan yang dicita-citakan bangsa ini akan terwujud,” ujar anggota MPR-RI Dapil VIII Jawa Timur ini.

Selam kegiatan, Sareh juga mencatat masukan dan saran penting, antara lain bahwa dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa saat ini, perlu ada arah kebijakan yang merupakan solusi menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, agar memperkuat kembali persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, peserta sosialisasi juga memberikan masukan, bahwa pada beberapa waktu yang lalu, mereka membaca berita sosialisasi empat pilar yang di gelar oleh MPR dengan sistem cerdas cermat. Pesertanya adalah mahasiswa dari berbagai kampus dalam bentuk perlombaan yang terdiri dari berbagai tim dari kampus-kampus. “Adik-adik PNU dan IPPNU menilai cara tersebut efektif dan efisien untuk memaksimalkan implementasi empat pilar di kalangan mahasiswa,” pungkas Sareh.(ab/ads)

Baca juga : Pilkada Nganjuk, PDIP dan Golkar Lebih Sreg Mengusung ...

Lihat : Profil Redaksi Matakamera Nganjuk


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System