Upacara Bareng Pelajar Papua, Kapolres Nganjuk Ajak Perangi Hoax dan Rasisme

Suasana guyub dan penuh keakraban, ditunjukkan oleh rombongan Polres Nganjuk, para pelajar, hingga warga asal Papua, usai mengikuti upacara bendera di SMKN 1 Nganjuk, Senin 26 Agustus 2019 (ist)

Senin 26 Agustus 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Ada yang istimewa pada Upacara Bendera di SMK Negeri 1 Nganjuk, Senin pagi 26 Agustus 2019. Ini karena kehadiran Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, yang bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara melibatkan seluruh siswa, para guru, dan tidak ketinggal sejumlah pelajar asal Papua yang sedang menempuh tugas belajar di SMKN 1 Nganjuk.

Selanjutnya, Kapolres Nganjuk memberikan bimbingan penyuluhan pada para siswa dan membagikan kaos anti hoax.

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman mengatakan, dewasa ini penyebaran berita hoax di masyarakat terus terjadi.

Untuk itu, kalangan generasi millenial harus ikut berpartisipasi aktif dalam menangkal penyebaran informasi hoax tersebut.

Karena bagaimanapun, informasi hoaxseringkali menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Bahkan, informasi hoax juga bisa menimbulkan persoalan serius di tengah masyarakat.

"Maka dari itu, semuanya harus mewaspadai beredarnya informasi hoax apapun bentuk dan jenisnya di Kabupaten Nganjuk," kata AKBP Dewa, di sela kegiatan upacara.

Sementara terkait persatuan dan kesatuan bangsa, Kapolres menyebut, bangsa Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai ragam suku dan budaya namun tetap satu yakni Indonesia.

Di mana semua individu adalah anak bangsa yang mempunyai kesempatan sama di setiap sistem yang ada di negera Indonesia.

"Untuk itu mari kita meningkatkan toleransi ras maupun agama," ucapnya.

Dijelaskan perwira berpangkat dua, isu bahwa diskriminasi yang sudah mencuat memang harus disikapi dengan baik.

Pihaknya mengajak para pelajar sebagai agen perubahan ditempat tinggal masing-masing yang juga memliki keluarga maupun tetangga untuk terus menjaga kebersamaan.

"Mari kita terus bangun toleransi berbangsa dan beragama serta mari kita bersama-sama untuk menuju Indonesia maju dan aman serta sejahtera," pungkas Dewa.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System