Jika Marhaen Djumadi Resmi Bupati Nganjuk, Siapa yang Cocok Jadi Wakilnya?

Bursa calon Wakil Bupati Nganjuk yang bakal mendampingi Marhaen Djumadi di sisa periode 2021-2023 saat ini mulai diperbincangkan
Senin 31 Mei 2021

matakamera, NGANJUK - Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi kini merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk. Dalam beberapa bulan ke depan, ia bakal resmi menduduki kursi AG-1 setelah dilantik menjadi bupati definitif.

Di waktu yang sama, kursi Wakil Bupati Nganjuk menjadi kosong. Harus diisi oleh sosok baru.

Menurut Anggota DPRD Nganjuk Gondo Hariyono, kekosongan kursi Wakil Bupati Nganjuk nantinya bakal diisi oleh salah satu dari tiga partai politik (parpol). Yakni PDIP, PKB atau Hanura.

Hal ini merujuk pada parpol pengusung Novi-Marhaen, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk periode 2018-2023, pemenang Pilkada 2018 lalu.

"Tentunya siapa nanti nama yang diusulkan menjadi Wakil Bupati Nganjuk mendampingi pak Marhaen ya dari ketiga parpol pengusung tersebut," kata politikus PDIP itu kepada wartawan, Sabtu (29/5).

Gondo mengatakan, meskipun nantinya hanya tiga parpol yang berhak mengusulkan nama calon Wakil Bupati Nganjuk, namun untuk mekanisme pemilihan calonnya akan dilakukan oleh seluruh parpol di DPRD Nganjuk.

Dengan demikian, kata Gondo, jika nanti ternyata muncul tiga nama calon yang diusulkan oleh PDIP, PKB dan Hanura, maka masing-masing bakal memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi wakil bupati.

"Tetapi kita tunggu sajalah bagaimana prosesnya, karena saat ini belum ada pembicaraan serius mengarah ke hal tersebut," tukas Gondo.

Lebih lanjut Gondo mengatakan, khusus untuk PDIP sendiri dipastikan akan mengusulkan nama-nama yang akan diusung untuk menjadi Wakil Bupati Nganjuk nantinya.

Adapun proses memilih calon yang diusulkan tersebut akan dilakukan melalui mekanisme internal partai sesuai aturan dan mekanime sesuai AD/ART serta hasilnya akan diusulkan untuk disetujui ke DPP PDIP.

"Jadi untuk sementara sampai saat ini, pengusulan nama yang akan dijagokan menjadi wakil Bupati Nganjuk mendampingi Bapak Marhaen Djumadi belum dilakukan," imbuhnya.

Catatan matakamera.net, tokoh sentral PDIP Nganjuk saat ini adalah Tatit Heru Tjahjono. Ia menjabat sebagai Ketua DPC sekaligus Ketua DPRD Nganjuk.

Sedangkan PKB Nganjuk dipimpin oleh Ulum Basthomi, yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Nganjuk. 

Adapun Partai Hanura, kini dinahkodai oleh Raditya Haria Yuangga. Ia juga sekaligus Wakil Ketua DPRD Nganjuk.

Beberapa nama populer lainnya yang berasal dari ketiga parpol di atas antara lain Puji Santoso, Gondo Hariyono dan Marianto (PDIP), Muhammad Nur Daenuri dan KH Asrori Arief (PKB), serta Edy Santoso (Hanura).

Nah menurut Anda, siapakah sosok yang paling cocok dipilih menjadi Wakil Bupati Nganjuk mendampingi Marhaen Djumadi nanti?

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System