Percepat Terbentuknya Herd Immunity, Nganjuk Luncurkan Mobil Vaksin Keliling

Plt Bupati Marhaen Djumadi bersama Forkopimda Nganjuk meluncurkan armada Mobil Layanan Vaksinasi Keliling Rabu (14/7), di depan Pendopo Kabupaten Nganjuk/matakamera.net-dok. Humas Pemkab Nganjuk
Rabu 14 Juli 2021

matakamera, Nganjuk - Demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity, Pemkab Nganjuk bersama Forkopimda melakukan berbagai terobosan program vaksinasi Covid-19.

Yang terbaru, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi meluncurkan lima unit mobil khusus, yang diterjunkan berkeliling dari desa ke desa, untuk melayani vaksinasi warga secara gratis.

Unit-unit mobil vaksin keliling itu secara resmi diluncurkan di depan Pendopo Pemkab Nganjuk, Rabu 14 Juli 2021. Plt Bupati Marhaen memberangkatkan armada vaksin tersebut dengan didampingi jajaran Forkopimda, antara lain Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahyono, Dandim 0810 Letkol Inf Georgius Luky Ariesta dan Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Lalu, Kepala Kejari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, Kepala Pengadilan Negeri Nganjuk Chitta Cahyaningtyas, Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin, dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Nganjuk Rr Heni Rochtanti.

Dalam keterangannya Rabu (14/7), Plt Bupati Marhaen mengatakan, bahwa terobosan ini bertujuan untuk mempercepat pencapaian pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat. Hal itu disebutnya sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat.

"Dengan Mobil Layanan Vaksinasi keliling ini, kami berharap setiap harinya 8.500 warga akan mendapatkan pelayanan vaksin sesuai target dari pusat. Sehingga tahun ini diharapkan 70 persen masyarakat Nganjuk sudah mendapatkan vaksinasi," urai Marhaen.

Tak lupa ia juga kembali mengingatkan, bahwa selain mengikuti vaksinasi, masyarakat juga harus terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Apalagi di masa PPKM Darurat yang sedang berlangsung saat ini.

"Saya terus mengingatkan untuk kita semua, agar selalu tertib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta hindari kerumunan, jaga jarak ketika bertemu orang. Ini merupakan cara paling ampuh untuk mencegah penyebaran Corona (Covid-19)," pintanya.

Usai peluncuran, Marhaen kemudian langsung meninjau operasionalisasi Mobil Vaksinasi Keliling di sejumlah titik, antara lain di Kelurahan Kedondong Kecamatan Bagor, dan Desa Sonopatik Kecamatan Berbek.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Rr Heni Rochtanti menambahkan, mobil layanan vaksinasi keliling ini akan berkeliling ke kantor-kantor desa.

Untuk menyukseskan program mobil vaksinasi keliling, lanjut Heni, Pemkab Nganjuk tak berjalan sendiri. Mereka bekerja sama dengan Polres, Kodim 0810/Nganjuk, dan dinas terkait.

Menurut Heni, peluncuran mobil keliling bertujuan menyasar wilayah yang belum tersentuh vaksinasi Covid-19. Khususnya, desa-desa yang lokasinya jauh dari pusat Kabupaten Nganjuk.

“Mobil itu akan ke daerah-daerah tempat vaksin yang mungkin di desa-desa itu belum tersentuh,” papar Heni.

Di hari pertama operasionalisasinya, Rabu (14/7), Heny menyebut kelima mobil layanan vaksinasi keliling tersebut akan ditempatkan di Balai Desa Kedondong Kecamatan Bagor, Balai Desa Sumberagung Kecamatan Gondang, Balai Desa Sonopatik Kecamatan Berbek, Balai Desa Tanjungkalang Kecamatan Ngronggot dan salah satu balai desa di Kecamatan Prambon.

Reporter : Panji LS
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System