Uji Coba CFD di Kediri Disertai Swab Antigen Acak

Tampak salah satu pengunjung arena Car Free Day di Simpang Lima Gumul dites Swab Antigen oleh petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri, Ahad (31/10/2021)/matakamera.net - Panji LS
Ahad 31 Oktober 2021

matakamera, Kediri - Untuk pertama kalinya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kabupaten Kediri menguji coba kegiatan car free day (CFD) di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG), pada Ahad pagi (31/10/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, kawasan yang disterilkan sementara dari kendaraan bermotor itu selalu dipadati ribuan warga.

Di mana, mereka ramai-ramai beraktivitas olahraga seperti lari pagi, jalan santai, bersepeda, hingga senam aerobik massal. Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) pun juga ikut mengais rezeki.

Namun, pada uji coba perdana di masa PPKM hari ini, pengunjung yang datang tidak sebanyak hari normal. Mereka kebanyakan juga tampak tertib menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

Selain itu, di tengah-tengah aktivitas CFD, tampak tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kediri dengan pakaian khusus dan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Ahmad Khotib menjelaskan, kedatangan timnya ke lokasi CFD setempat untuk melakukan tes Swab Antigen dengan metode random sampling, atau secara acak kepada para pengunjung.

"Swab Antigen acak dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Kabupaten Kediri. Petugas juga kami siagakan untuk mengingatkan pengunjung CFD agar yang tidak abai menjaga protokol kesehatan, seperti memakai masker," ujar Khotib, Ahad (31/10/2021).

Dalam kegiatan Swab Antigen ini, Khotib menyebut sebanyak 500 sampling tes yang disiapkan, di mana peralatannya disediakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri.

"Pengamatan kami, rata-rata pengunjung sudah tertib memakai masker. Meski ada beberapa yang tidak. Untuk itu kita lakukan Swab Antigen," jelas Khotib yang juga menjabat Kepala Dinkes Kabupaten Kediri tersebut.

Adapun sasaran utama tes swab antigen, lanjut Khotib, adalah pengunjung yang tidak memakai masker. Namun demikian, ada juga yang disebutnya berinisiatif sendiri mendaftar untuk dilakukan Swab Antigen.

Saat ini Kabupaten Kediri masib berada di Level 3 PPKM berdasrkan Inmendagri. Sebenarnya pada level ini belum diizinkan untuk membuka tempat wisata. Untuk itu, pemerintah melakukan uji coba disertai Swab Antigen.

"Jika ditemukan adanya klaster baru dari uji coba pembukaan car free day di SLG ini, maka kawasannya akan ditutup kembali," ucapnya.

Dari hasil 100 Swab Antigen yang dilakukan, belum ada yang terdeteksi reaktif.

"Sejauh ini masih belum ada, mudah-mudahan tidak ada yang positif Covid-19," tukas Khotib.

Ayu, salah satu pedagang makanan di lokasi CFD mengaku senang akhirnya kawasan SLG dibuka kembali. Mengingat, sebelumnya hampir dua tahun ini ia bersabar tidak bisa berjualan, lantaran ditutup oleh pemerintah.

"Saya dan teman-teman PKL lainnya mau mematuhi peraturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kami berharap jangan sampai ladang rezeki kami ditutup lagi, tambah susah Pak," tukas Ayu.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System