RSUD Nganjuk Kini Miliki Layanan Pemeriksaan Histopatologi

Dr Ida Septika Wulansari Sp. PA saat menjelaskan layanan pemeriksaan histopatologi di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Nganjuk
Senin 14 Februari 2022

Melengkapi Layanan Laboratorium Anatomi, Lebih Cepat Deteksi Kanker

matakamera, Nganjuk - Sebagai rumah sakit tipe B, menjadi keharusan bagi RSUD Nganjuk, Jawa Timur untuk memiliki fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi.

Laboratorium ini berurusan dengan diagnosis penyakit, yang terkait dengan bidang layanan medis lainnya seperti bedah, penyakit dalam, hingga ongkologi terutama penyakit kanker.

Dr Ida Septika Wulansari Sp.PA, dokter Spesialis Patologi Anatomi RSUD Nganjuk menjelaskan, Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Nganjuk selama ini sudah melayani pemeriksaan FNAB/Biopsi jarum halus, pap smear, maupun biopsi hasil operasi.

Sejak Februari 2022 ini, lanjut dr Ida, satu lagi fasilitas penting diluncurkan dan melengkapi pelayanan Laboratorium Patologi Anatomi RSUD. Yakni, layanan histopatologi anatomi.

Proses deteksi dini hingga pengobatan penyakit terutama kanker sekarang sudah bisa dilakukan seluruhnya di Laboratorium PA RSUD Nganjuk

"Jika sebelumnya kita harus MoU dengan pihak ketiga, Alhamdulillah sekarang RSUD Nganjuk sudah bisa melayani pemeriksaan histopatologi sendiri," terang dr Ida, saat dikonfirmasi Senin (14/2/2022).

Untuk diketahui, histopatologi anatomi adalah salah satu layanan pemeriksaan Laboratorium Patologi Anatomi dari sampel berupa jaringan operasi/biopsi.

Lebih lanjut dikatakan dr Ida, dengan dimilikinya fasilitas layanan histopatologi, kini pelayanan untuk masyarakat di Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Nganjuk lebih cepat.

"Sebelumnya ketika masih MoU dengan pihak ketiga sangat memakan waktu. Karena kita harus mengirim sampel jaringan tersebut keluar, itu bisa sampai 7 hari, bahkan bisa sampai 10 hari," ujarnya.

Kini, setelah RSUD Nganjuk memiliki layanan histopatologi sendiri, dr Ida menyebut prosesnya menjadi jauh lebih cepat. Yakni sekitar 3 sampai 4 hari saja.

Menurut dr Ida, saat ini hanya RSUD Nganjuk satu-satunya yang sudah memiliki layanan pemeriksaan histopatologi di Kota Angin.

Terobosan ini adalah kabar baik bagi masyarakat Nganjuk. Jika dahulu urusan penyakit kanker selalu harus merujuk ke rumah sakit di kota besar seperti RSUD dr Soetomo Surabaya atau RS Syaiful Anwar Malang, maka sekarang proses penanganannya bisa dilakukan di RSUD Nganjuk.

"Apalagi RSUD Nganjuk juga sudah ada dokter ongkologinya. Jadi seluruh prosesnya bisa kami lakukan sendiri di Laboratorium PA (Patologi Anatomi). Jadi lebih cepat untuk mendeteksi dini kanker dan pengobatannya," pungkas dr Ida.

Rif/adv/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System