Wajah Kekinian Gang Dolar Nganjuk, Bikin Betah Cekrak-Cekrek

nganjuk
Jalanan di tengah Kampung Dollar di Dusun Kuniran, Desa Jekek, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk yang semakin menawan dan bisa menjadi spot wisata alternatif (matakamera/foto : M. Munir Tohir)
Ahad 10 Desember 2017 ||
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, NganjukGuys, pernah dengar Gang Dolar di Kabupaten Nganjuk?

Bagi yang belum tahu, itu adalah nama sebuah kampung unik di Dusun Kuniran, Desa Jekek, Kecamatan Baron, Nganjuk. Dibilang unik, karena setiap rumah warganya dipenuhi dengan pernak-pernik tanaman hias dan asri.

Nah, baru-baru ini, pemandangan di gang kampung itu semakin cantik, karena warga dan pihak desa setempat melakukan inovasi kreatif, dengan membangun aneka ornamen cantik. Contohnya payung warna-warni melayang di sepanjang gang, sehingga tampak lebih kece dan instagrammable!

Jalanan kampung yang sempit dan padat ini sebenarnya sudah mencuri perhatian sejak 2015 lalu. Waktu itu, salah satu pemuda setempat bernama Warsito mulai mengembangkan gerakan penghijaun dengan menanam berbagai jenis sayur dan tanaman hias.

Lalu secara spontan, kawasan setempat dijuluki Gang Dolar, terinsipirasi dari nama matau uang Dollar. Ini sebagai kiasan positif, karena hampir setiap warganya bisa menambha pundi-pundi uang di luar pekerjaan utama mereka, dari memanfaatkan lahan kosong di teras rumah untuk bercocok tanam.

Kurang lebih ada sekitar 120 rumah di kampung setempat, di mana teras-terasnya dipenuhi berbagai jenis tanaman segar.

Contohnya seperti pohon buah naga, labu madu, cabe, dan masih banyak jenis tanaman lainnya. Lahan kosong yang sempit di teras dimodifikasi dengan batang bambu sedemikian rupa, sehingga memungkinan tanaman meramabat ditanam hingga buahnya bergelantungan.

Menarik bukan? Yuk ramai-ramai singgah ke Gang Dolar! Dijamin betah buat cekrak-cekrek!!

(ab/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname