Jelang Bulan Puasa, Harga Bawang Merah di Nganjuk Turun

Nganjuk
Berbeda dengan kebanyakan harga kebutuhan pokok lainnya, harga bawang merah belakangan ini mulai menurun, setelah sempat melonjak tinggi pada awal Mei lalu
matakamera, Nganjuk - Harga bawang merah dilaporkan mulai mengalami penurunan menjelang bulan puasa 2016 ini. Hal itu setidaknya diungkapkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Bawang Merah Indonesia Ikhwan Arif, dalam rilis Minggu 22 Mei 2016 di Jakarta. Dia menyebut harga bawang saat ini telah menyentuh Rp 24.000 per kilogram. " Trennya malah mengalami penurunan karena saat ini kita sudah memasuki musim panen raya," ujarnya.

Harga tersebut menurutnya lebih rendah ketimbang bulan-bulan sebelumnya yang sempat berada di kisaran harga Rp 40.000/kg.

Menurut Ikhwan, baru-baru ini Perum Bulog juga mulai turun tangan dalam mengontrol harga bawang merah menjelang lebaran. Namun tanpa ada campur tangan pemerintah pun, harga bawang merah sekarang-sekarang ini pasti turun karena menjelang panen raya bawang. Akibat kondisi ini, ia pun memprediksi harga bawang merah hingga menjelang lebaran bakal terus mengalami penurunan.
Andri, petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyebut bahwa beberapa hari terakhir kalangan petani mulai mengeluh dengan jatuhnya harga bawang merah. Saat dikonfirmasi pada Minggu siang 22 Mei 2016, Andri menyebut harga jual bawang bumbon di tingkat petani kini ada di kisaran Rp 17 ribu- Rp 20 ribu per kilogram. "Sambat kabeh Mas, harganya jatuh," ujar pria yang juga menjabat salah satu kepala desa di Kecamatan Bagor, Nganjuk ini.(ab)



Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System