Banjir Bandang di Joho Pace, Rumah Warga dan Jalan Raya Kediri-Nganjuk Terendam

banjir nganjuk
Salah satu rumah warga di tepi Jalan Raya Desa Joho, Kecamatan Pace, Nganjuk, yang terendam banjir setinggi 60 sentimeter, Senin sore 28 November 2016 (matakamera.net/foto:istimewa)
matakamera, Nganjuk -  Usai diguyur hujan kurang lebih 3 jam , wilayah Desa Joho, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur diterjang banjir bandang pada Senin sore, 28 November 2016. Air yang berasal dari luapan sungai kecil-kecil di wilayah tersebut merendam akses jalan raya penghubung Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk.

Banjir bandang ini juga merendam rumah-rumah warga khususnya di Dusun Plosorejo, dengan ketinggian 50 sampai 60 sentimeter.

Menurut keterangan sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk Soekonjono, sebelum terjadi banjir memang turun hujan deras disertai angin kencang terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Puncaknya, air bah naik ke jalan raya hingga masuk ke rumah-rumah warga mulai pukul 17.00. "Banjir ini terjadi karena luapan air sungai," ujar Soekonjono Senin malam sekitar pukul 19.00.

Banjir nganjuk
Kondisi Jalan Raya Kediri-Nganjuk yang terendam banjir sejak sore hari, dan sempat mengganggu kelancaran lalu-lintas dari dua arah (matakamera.net/foto:istimewa)
Selain mengganggu lalu-lintas jalan dan masuk ke rumah - rumah warga, banjir juga menggenangi area persawahan dan sejumlah fasilitas publik di desa setempat. Soekonjono menyebut, sampai malam ini tim BPBD bersama TNI, Polri dan unsur relawan bencana lainnya terus memantau kondisi di lokasi meskipun hujan mulai berangsur reda.

Salah satunya, dengan memantau debit air di Embung Jurang Limas Desa Joho, yang menurut informasi relawan di lokasi sudah hampir meluap. “Kami juga memantau wilayah lain di Kabupaten Nganjuk, karena hujan cukup merata,” tukasnya.(ab)
(Panji Lanang Satriadin)



Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System