Kisah Gus Dur dan Kiai Sakti Condromowo Nganjuk

Gus Dur dan Kiai Hakim Abdurrahman Sekarputih, Bagor, Nganjuk (foto repro :Ainun Rofiq Al Amin)

Rabu 9 Januari 2019

Beberapa waktu lalu saya ziarah ke makam leluhur di Cepoko Nganjuk. Di makam itu banyak kiai yang disemayamkan, antara lain adalah Kiai Muhtar dan Kiai Abdurrahman.

1. Mbah Kiai Muhtar adalah putra Kiai Ali Imron (pendiri Pondok Mojosari Nganjuk). Kiai Muhtar ini menantu Bupati Pertama Berbek yakni KRT. Sosrokoesoemo I atau sering dipanggil dengan sebutan Kanjeng Djimat. Mbah Kiai Muhtar mempunyai anak lelaki bernama Kiai Imam Asyraf. Mbah Imam Asyraf mempunyai putri bernama Mbah Raden Khodijah yang selanjutnya dinikahkan
dengan Kiai Hamid Chasbullah (adik KH. Wahab Chasbullah) Tambakberas Jombang.

2. Kiai Abdurrahman adalah guru dari Ayah Gus Miek, KH. Jazuli Usman (pendiri pesantren Ploso Kediri), juga guru dari KH. Abdul Kholiq bin KH. Hasyim Asy'ari. Kiai Abdurrahman semasa hidupnya memangku pondok di Sekarputih Nganjuk. Beliau adalah kiai sakti dan alim.

Kealimannya terbukti beliau adalah pentashih kitab karya Kiai Ihsan Jampes Kediri, yakni kitab Sirajut Thalibin syarah dari kitab Minhajul-‘Abidin karya Imam al-Ghazali. Kesaktiannya antara lain beliau dikenal dengan sebutan Kiai Condromowo.

Kata Pak Lek saya, "Condromowo kuwi opo seng disawang rodok suwi, iso kobong. Mulane kitabe Mbah Durohman gosong kabeh, padahal wes diobat abetne nek ngaji." Maksudnya, saat melihat kertas agak lama, maka kertas itu terbakar. Maka bila beliau membaca, kitabnya agak digerakkan pelan-pelan agar tidak terbakar, sekalipun demikian, kitabnya masih gosong. Putra Kiai Abdurrahman adalah Mbah Kiai Hakim, mursyid Tarekat Syadziliyah.

Mbah Kiai Hakim yangg dulu biasa dikunjungi Gus Dur ini bisa disebut kiai nyentrik. Dua hal yang saya lihat sendiri kenyentrikannya.

1. Saat saya masih bujang, pernah sowan dengan mengajak teman yang anggota Hizbut Tahrir. Setelah salaman (jabat tangan), beliau langsung berucap, "Ayo, aku kamu tes (uji) hadis apapun, aku akan hapal. Entah sindiran ini ditujukan ke siapa, tapi mungkin kepada......... . Yang jelas niat saya hanya ingin minta amalan. Lalu saat saya minta amalan, beliau malah bilang, "Datangi Kiai Fulan di daerah Bagor Sana. Dia ahli pencak dan amalan." Akhirnya saya pamit lalu mencari Kiai Fulan tersebut.

2. Saat acara reuni keluarga besar di Nganjuk, yang saat itu Kiai Faqih Langitan juga rawuh. Di akhir acara, pembawa acara menyampaikan bahwa doa akan dipimpin Kiai Faqih, Kiai Hakim dan beberapa kiai lain yg saya lupa namanya. Kiai Hakim saat diberi mikrofon sontak bilang, "Sudah, saya saja yang berdoa." Lalu beliau berdoa dengan bahasa Jawa dan Indonesia. Setelah itu tidak ada doa lagi. Untuk semua kiai yg mulia di atas, Alfatihah....

Ribath Al Hadi 2 Bahrul Ulum Tambakberas

Ditulis dan dibagikan oleh Ainur Rofiq Al Amin  Tambakberas, Jombang
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Siapakah penerus kemursyidan kyai abu hakim abdurrahman sekarang ?

    ReplyDelete

Comments System