Geledah Kantor Bupati, Sekda, BKD dan Camat-Camat di Nganjuk, Bareskrim Sita Dokumen hingga Perangkat CCTV

Penyidik Dit Tipikor Bareskrim Polri saat keluar dari Ruang Kerja Bupati Nganjuk dengan pengawalan polisi bersenjata laras panjang, Kamis (27/5)
Kamis 27 Mei 2021

matakamera, NGANJUK – Jalan cerita Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Nganjuk nonaktif Novi Rahman Hidhayat masih panjang.

Selain terus melakukan pemeriksaan secara marathon terhadap puluhan saksi di Mapolres Nganjuk sepanjang pekan ini, Tim Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang menangani perkara tersebut juga melakukan serangkaian penggeledahan.

Salah satunya pada Kamis pagi 27 Mei 2021, tiga mobil berisi tim Bareskrim Polri terlihat mendatangi Pendopo Pemkab Nganjuk untuk melakukan penggeledahan dan penyitaan sejumlah barang.

Mereka tampak mengenakan rompi merah dengan tulisan punggung "Bareskrim", serta mendapat pengawalan ketat dari polisi bersenjata laras panjang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Nganjuk Samsul Huda ketika dikonfirmasi (27/5) mengatakan, ia sempat mendampingi tim dari Bareskrim Polri menggeledah Ruang Kerja Bupati Nganjuk, Rumah Dinas Bupati Nganjuk, Ruang Kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk Mokhamad Yasin, dan Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk.

Kantor Camat Pace menjadi salah satu sasaran penggeledahan Tim Bareskrim Polri, Kamis (27/5)

“Yang tadi saya ngantar itu (Bareskrim) di Ruang Kerja di Pringgitan sama di Ruang Kerja Pak Bupati yang di sebelahnya (Ruang Kerja) Sekda. Ruang Kerja Sekda juga sempat dimasuki, tapi pas saya ke sana sudah selesai (penggeledahan). Lalu juga kantor BKD,” ujar Samsul.

Ia mengaku sebatas mendampingi dan tidak mengetahui secara detail apa saja yang digeledah dan diperiksa oleh para penyidik tersebut.

Menurut Samsul, proses penggeledahan berlangsung dari pukul 09.30 WIB sampai sekitar pukul 12.00 WIB.

Sejumlah penyidik Bareskrim Polri saat berkoordinasi di lorong tengah Kantor Bupati Nganjuk (27/5)

"Saya tidak sampai selesai mendampingi, sempat saya tinggal karena nemui massa dari Komunitas Salam Lima Jari,” ungkap Samsul.

Pantuan matakamera.net di lokasi, para penyidik Bareskrim Polri sempat membawa setumpuk dokumen dari dalam ruangan yang digeledah. Selain itu juga unit hard disk komputer, hingga perangkat kamera pantau alias CCTV.

Selain di kompleks Kantor Bupati Nganjuk, di hari yang sama Bareskrim Polri juga melakukan penggeledahan di sejumlah Kantor Camat. Salah satunya yang sempat terlacak adalah di Kantor Camat Pace.

Menurut informasi, penggeledahan juga dilakukan di kantor-kantor camat yang sebelumnya ikut terjaring OTT bersama Bupati nonaktif Novi Rahman Hidhayat. Yakni Kantor Camat Berbek, Kantor Camat Tanjunganom dan Kantor Camat Sukomoro.

Merujuk rilis kamtibmas dari Polres Nganjuk (27/5), di waktu yang sama hari ini juga berlangsung pelantikan perangkat desa di sejumlah kecamatan. Antara lain di Kecamatan Tanjunganom, Kecamatan Sukomoro, hingga Kecamatan Gondang.

Tim Bareskrim dengan mobil khusus pengangkut barang bukti saat berada di halaman Kantor Camat Berbek (27/5)

Sumber matakamera.net di internal penegak hukum mengatakan, saat ini yang sedang didalami oleh penyidik Bareskrim Polri setidaknya terdapat dua perkara.

Pertama adalah perkara dugaan suap dalam rekrutmen perangkat desa, di mana ujian pengisian digelar hampir serentak di berbagai desa pada 6 Mei 2021 lalu.

Kedua, adalah perkara dugaan jual beli jabatan dalam mutasi dan promosi di Pemkab Nganjuk tahun 2021. Sejak awal tahun, Bupati nonaktif Novi Rahman Hidhayat diketahui sudah tiga kali merotasi pejabat, medio Februari hingga April. 

Sementara itu, pada Rabu kemarin (26/5), Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigjen Djoko Purwanto telah mengatakan, bahwa pihaknya memang melakukan penggeledahan di berbagai lokasi di Kabupaten Nganjuk.

"Dari Senin kemarin tim kerja di Nganjuk periksa saksi-saksi dan geledah beberapa tempat dalam rangka percepat selesai berkas perkara," kata Djoko.

Panji Lanang Satriadin
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname