Gubernur Jatim Resmikan Zona KIP di Desa Wisata Nangkula Park, Hasil Kerjasama Sampoerna dan Program Klinik BUMDes Jatim

Gubernur Khofifah memotong pita sebagai tanda dibukanya Desa Wisata Nangkula Park sekaligus Zona KIP di Tulungagung, Sabtu (22/5) 
Ahad 23 Mei 2021

matakamera, TULUNGAGUNG - Sampoerna untuk Indonesia terus mengambil bagian dalam membantu BUMDesa di Jatim. Terbaru, yakni produk wisata kuliner dan kawasan spot foto baru yang diberi nama Zona KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif) di Desa Wisata Nangkula Park, Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung yang di-launching Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (22/5) sore.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Khofifah yang didampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kepala Divisi hubungan regional dan keberlanjutan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Rumah kita Sidoarjo Andrianus Muran, dan Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa.

Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna, Kukuh Dwi Kristianto menyatakan, pihaknya akan terus mengambil bagian dalam membantu BUMDesa terutama yang memiliki unit usaha wisata. Sebab, dengan wisata perputaran ekonomi masyarakat akan bergerak dinamis terutama membangkitkan UMKM di masa pandemi.

“Desa Wisata telah menjadi sentra baru perputaran ekonomi masyarakat terutama di masa pandemi. Sudah dibuktikan bahwa dengan wisata akan ada penyerapan tenaga kerja, pemberdayaan warga sekitar, serta bangkitnya UMKM yang ada di masyarakat. Untuk itu Sampoerna akan lebih intens dalam pengembangan desa wisata yang banyak diinisiasi oleh BUM Desa,” terang Kukuh.

Mengenai Zona KIP yang sudah di bangun dil
Salah satu spot foto di Desa Wisata Nangkula Park, buah kerjasama Sampoerna dengan Klinik BUMDes Jatim

Desa Wisata Kendalbulur, alumnus Unair Surabaya tersebut mengaku bangga karena Nangkula Park memiliki spot foto yang menarik dan lebih variatif daripada sebelumnya. Tentu, dengan pengembangan yang intens dan inovatif masyarakat diharapkan akan selalu memiliki memori yang kuat tentang Nangkula Park.

“Setelah beberapa saat saya berkeliling Nangkula Park Tulungagung ini, saya melihat masyarakat begitu antusias di Zona KIP, bahkan hingga malam hari masyarakat masih betah duduk-duduk bersama keluarga menikmati kuliner serta musik yang disuguhkan oleh pengelola wisata. Semoga ini menjadi inspirasi desa wisata lain untuk terus berinovasi dan berkolaborasi di masa pandemi,” papar Kukuh.

Sementara Khofifah menyampaikan, dalam pengembangan BUMDesa pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri, dibutuhkan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat, media, swasta, serta akademisi.

Dalam pengembangan desa wisata ini, menurut Khofifah, Sampoerna telah memberikan support yang sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas dan kuantitas desa wisata Nangkula Park Tulungagung.

Terkait Zona KIP, Khofifah menginginkan area tersebut dapat digunakan oleh Pemdes Kendalbulur dan masyarat untuk meningkatkan perekonomian daerah sekitar utamanya dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Kreativitas, inovasi dan produktifitas adalah hal yang unlimited atau tanpa batas. Sehingga akan selalu ada yang baru di setiap waktu. Akan terus ada dinamika jadi jangan pernah berhenti melakukan kreativitas, inovasi dan jangan pernah berhenti untuk terus produktif," ucapnya.(*)

Panji LS
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System