Plt Bupati Nganjuk Lantik Ratusan Pejabat ASN di Halaman Pasar

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyapa sejumlah ASN saat tiba di lokasi Pasar Wage Nganjuk, Selasa pagi (11/1/2022)
Selasa 11 Januari 2022

matakamera, Nganjuk - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marharn Djumadi mengukihkan dan melantik 592 ASN Pemkab Nganjuk di Halaman Pasar Wage Baru, Selasa pagi (11/1/2022).

PNS yang dilantik, terdiri dari jabatan Sekda, Kepala Dinas, Kepada Bidang, Kapala Seksi, Camat, Kelapa Puskesmas dan jabatan lainnya.

Seusai acara tersebut, Marhaen menjelaskan, pengukuhan dan pelantikan itu menyesuaikan Satuan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru di Pemkab Nganjuk.

Kemudian berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah (Permen) Nomor 17 tahun 2020, yaitu perubahan dari Permen Nomor 11 Tahun 2017.

Namun demikian masih terdapat 7 orang dengan jabatan tertentu yang belum dilantik. Yaitu berkaitan dengan instansi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Nganjuk.

“Karena di Dispendukcapil, ada persyaratan tambahan yang harus kita sampaikan ke Dirjen Dispendukcapil,” ujar Marhaen Djumadi kepada awak media.

Menurutnya, diperlukan adanya perubahan perilaku dan pola pikir kepada PNS yang dilantik. Karena hal itu berkaitan dengan percepatan kinerja di Pemkab.

Pada sisi lain juga berdasarkan tuntutan masyarakat terkini. Para PNS harus dapat bekerja dengan baik, cepat dan bisa melayani masyarakat. “Tuntutan masyarakat sekarang itu serba cepat. Istilah kerjanya kita harus sat-set gitu ya,” ungkapnya.

Kepada PNS yang dilantik itu, diingatkannya, tentang 14 program unggulan Pemkab Nganjuk. Diantaranya itu berkaitan Reformasi Birokrasi yang Transparan, Profesional, Akuntabel dan Bebas dari Korupsi.

Dalam Reformasi Birokrasi itu, terdapat slogan yang perlu diperhatikan. Yaitu tentang slogan berani berubah. Karenanya, perubahan itu harus dilakukan pada Tahun 2022 kedepan secara bersama-sama. Maka kebiasaan kerja lama, harus dirubah.

Saatnya tahun 2022 perubahan ini harus kita lakukan. Kita harus berani berubah, mulai dari pimpinan, termasuk juga lingkungan, termasuk masyarakat. Harus kita edukasi, jangan sampai pola pikir mindsetnya transaksional. Apa-apa sedikit uang, harus kita hilangkan itu,” pungkasnya.

Ia mengatakan, kalau Tahun 2022 itu dapat jadi momentum baik semua pihak dan bisa jadi harapan baru bagi masyarakat.

Karenanya, para PNS yang dilantik itu dapat bekerja secara profesional. Sebab, banyak pihak yang menilai kinerjanya. Perubahan budaya kerja itu dapat dimulai dari pola pikir. Karena itulah, ia mengajak semua pihak untuk bergerak sama-sama.

“Yuk kita mulai sesuatu yang baru. Saya meminta kepada mereka (pejabat yang dilantik) sebagai agen perubahan. Maka harus berani berubah. Dan sebagai agen perubahan. Kalau hanya berubah sendiri ndak ada artinya,” lanjutnya.

Adapun alasan dipilihnya Pasar Wage sebagai lokasi acara pelantikan, menurut Marhaen untuk memperlihatkan kepada pejabat di lingkungan Pemkab Nganjuk, akan kondisi aktivitas warga di Pasar Tradisional yang senantiasa membutuhkan pelayanan dari pejabat.

Selain itu, dikatakan Marhaen Djumadi, dengan mengambil tempat pelantikan pejabat dengan SOTK baru di halaman Pasar Wage Baru tersebut juga sebagai awal gerakan pejabat gemar belanja di pasar tradisional.

Karena dari adanya gerakan tersebut diharapkan akan terjadi multiplayer efek luar biasa dalam perputaran ekonomi di pasat tradisional.

Gerakan gemar belanja di pasar tradisional sebagai upaya kembali meramaikan Pasar Tradisional di Kabupaten Nganjuk.

Ini setelah saat ini cukup banyak berdiri pasar dan toko modern yang memiliki fasilitas lengkap.

"Maka dari itu, untuk meningkatkan perputaran ekonomi di pasar tradisional tersebut gerakan gemar belanja di Pasar Tradisional mulai digalakkan. Karena di pasar tradisional tersebut banyak aktifitas ekonomi warga lapisan bawah yang membutuhkan dorongan untuk dapat berkembang," pungkas Marhaen.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System