Rembuk Tani Nganjuk, Gus Muhaimin Serahkan Bibit Jagung Senilai Rp 975 Juta

Wakil Ketua DPR RI Gus Muhaimin saat menyerahkan secara simbolis bantuan pertanian untuk petani di Kabupaten Nganjuk, Kamis (20/10/2022)
Jumat 21 Oktober 2022

Dilema Petani Jagung, Gus Muhaimin Tagih Tanggung Jawab Pemerintah

matakamera, Nganjuk - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar secara simbolis menyerahkan bantuan bibit jagung senilai Rp. 975 juta dan buah-buahan senilai Rp. 200 juta kepada perwakilan kelompok tani di Kabupaten Nganjuk, Kamis (20/10/2022).

Kelompok tani penerima bantuan ini berasal dari sejumlah kecamatan dan kampung di Nganjuk, yang juga telah terdaftar pada Sistem Informasi Manajemen Penyuluh (Simluh) di Kementerian Pertanian.

Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, memberikan apresiasi yang tinggi kepada kelompok tani, karena dalam situasi pemulihan pandemi Covid-19 tetap produktif dan berdampak positif bagi ketersediaan pangan di Nganjuk dan juga nasional.

Ia memberikan perhatian khusus dan serius bagi sektor pertanian yang ditunaikan melalui pemberian bantuan stimulan. "Ini semua adalah stimulus ketika para petani kita mengalami kesulitan termasuk mahalnya bibit jagung hari ini," kata Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berujar, pengembangan tanaman jagung dan buah-buahan di Nganjuk sangat menjanjikan, sehingga budidaya ini merupakan peluang usaha yang dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat.

Gus Muhaimin juga menyinggung mahalnya harga bibit yang tak sebanding dengan harga jual produk jagung ketika masa panen tiba. Ditambah lagi petani banyak yang mengeluh sulit mendapatkan pupuk bersubsidi. Sebab itu, ia meminta pemerintah untuk bertanggung jawab atas apa yang dialami petani.

"DPR akan terus mengawal pemerintah untuk tanggung jawab di dalam implementasi semua program-program agar sampai kepada yang paling membutuhkan, yaitu pupuk, kemudian bibit dan memperbaiki sistem pasar produksi dari pertanian kita," urai Gus Muhaimin.

Selain menyerahkan bantuan bibit jagung dan buah-buahan, Gus Muhaimin juga menyerahkan bantuan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) senilai Rp.500 juta dan instalasi Pengolahan Air Limbah (PAL) senilai Rp.200 juta. Ia berharap dengan adanya BLK itu masyarakat Nganjuk dapat lebih berdaya saing dengan kemampuan dan skill yang baik.

Hadir mendampingi Gus Muhaimin anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Jatim VIII H. Muhtarom, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini, serta kelompok tani dan masyarakat setempat.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System