Pengurus ICMI Nganjuk Resmi Dilantik, Bupati Nganjuk Titip Harapan Ini

Ketua ICMI Orda Nganjuk Juwahir saat menerima bendera organisasi dari ICMI Jatim, saat pelantikan Selasa (16/5/2023)
Selasa 16 Mei 2023

matakamera, Nganjuk - Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten Nganjuk, periode 2023-2026, resmi dilantik di Pendopo KRT Sosro Koesoemo, Pemkab Nganjuk, Selasa siang (16/5/2023).

Jajaran Pengurus ICMI Kabupaten Nganjuk dilantik oleh Wakil Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Jatim DR. Bagus, dan turut disaksikan Sekretaris ICMI Orwil Jatim Pitono Nugroho.

Pelantikan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nganjuk, mulai dari Bupati DR. Drs H. Marhaen Djumadi SH, SE, MM, MBA, Kapolres AKBP Muhammad, Dandim 0810 Letkol (Inf) Tri Joko Purnomo, dan Kepala Kejari Nganjuk Alamsyah.

Pengurus ICMI Nganjuk foto bersama Bupati dan Forkopimda

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, para Kepala OPD, tokoh masyarakat serta pengurus ICMI orda Nganjuk.


Drs Juwahir, mantan Ketua KPU Nganjuk dan wartawan Republika, dikukuhkan sebagai Ketua ICMI Orda Nganjuk 2023-2026.

Usai pelantikan Juwahir mengatakan, komposisi Majelis Pengurus ICMI Orda Nganjuk 2023-2026 mempersatukan tokoh Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Majelis Ulama Indonesia, pengacara, akademisi perguruan tinggi, hingga politisi.

"Jadi ICMI ini adalah organisasi orang-orang Islam dengan karakter kecendekiawanan dari berbagai macam latar belakang.

Ketua ICMI Orda Nganjuk Juwahir saat diwawancarai wartawan

Menurut Juwahir, arti cendekiawan Muslim merujuk AD/ART ICMI adalah orang yang memiliki kepedulian terhadap persoalan-persoalan di tengah masyarakat, dan secara terus-menerus berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.


"Karena ICMI adalah organisasi para cendekiawan, maka kami akan lebih banyak memberi sumbangsih pemikiran dan gagasan-gagasan untuk pemerintah daerah dan kepentingan masyarakat," tutur Juwahir.

Untuk diketahui, sederet nama-nama penting yang mengisi kepengurusan ICMI Nganjuk 2023-2026 antara lain Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, selaku Ketua Dewan Penasehat.

Berikutnya, ada sejumlah Pejabat Pemkab Nganjuk seperti Kepala Dindik DR Sopingi, Inspektur Inspektorat Mokh. Yasin, dan Miftahul Mujib.

Bergabung pula Kepala Kemenag Nganjuk Afif Fauzi, tokoh Muhammadiyah Drs. H. Ridwan, Moh Roissudin, tokoh NU, DR Ali Anwar, KH Harisudin Aqib, dan Ketua Gusdurian Nganjuk Moh. Arif.

Dari kalangan pengacara dan akademisi ada Yusuf Wibisono, Bambang Sukoco, pengajar IAI Diponegoro M Yaskur hingga tokoh pendidikan Nganjuk Prof Sumarji dan Dr Nurhadi.

Sementara itu, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh jajaran pengurus ICMI Nganjuk yang baru dilantik.

"Atas nama Jajaran Pemerintah Kabupaten Nganjuk, saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Majelis Pengurus Daerah ICMI Orda Nganjuk Periode 2023-2026," ujar Marhaen.

Ia mengatakan, Pelantikan ini merupakan kepengurusan ICMI pertama kali di Kabupaten Nganjuk. Selama ini memang belum pernah ada, sejak ICMI dibentuk di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1990.

Marhaen berhadap ICMI Nganjuk benar-benar bisa berkontribusi nyata untuk perkembangan dan kemajuan daerah. "Setelah dilantik ini saya berharap terus aktif dan berkolaborasi dengan Pemkab Nganjuk, tidak kemudian menghilang tanpa kabar," tukas Marhaen.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System