Bupati Nganjuk Terima Penghargaan LPPD dari Gubernur Jatim

Penghargaan LPPD tahun 2018 untuk Kabupaten Nganjuk diserahkan langsung oleh Gubernur Khofifah kepada Bupati Novi, Jumat 16 Oktober 2020
Jumat 16 Oktober 2020

matakamera, Nganjuk - Kabupaten Nganjuk menerima penghargaan atas hasil capaian kinerja Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2018 dengan status kinerja sangat tinggi. 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat di Gedung Negara Grahadi, Jumat sore 16 Oktober 2020.

Dalam penilaian hasil capaian kinerja LPPD tahun 2018 itu, Kabupaten Nganjuk mendapatkan skor 3,2244. Dengan skor tersebut Kabupaten Nganjuk mendapatkan predikat hasil kinerja sangat tinggi. 

Atas capaian penghargaan ini, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat menyebut, pencapaian ini adalah hasil capaian kinerja seluruh ASN, OPD di jajaran Kabupaten Nganjuk.

Untuk itu, secara khusus ia mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan juga pengabdian yang dilakukan oleh seluruh pegawai di Pemkab Nganjuk. 


“Setelah menerima penghargaan ini, kami mengucapkan terima kasih semua dengan OPD yang telah bekerja semaksimal mungkin sehingga kita meraih penghargaan ini. Tapi kami menekankan bahwa ini belum selesai, dan kami akan terus meningkatkan prestasi dan capaian kami,” kata Novi. 

Lebih lanjut kepala daerah dengan usia muda ini mengatakan bahwa pencapaian ini dinilai dari beberapa aspek. Utamanya adalah dari prinsip transparansi, akuntabilitas dan objektivitas.

Ia bertekad bahwa ke depan skor nilai dari capaian 176 indikator kinerja kunci (IKK) dalam LPPD ini akan terus ditingkatkan.

“Kami di Kabupaten Nganjuk punya program Tri Cipta Bakti yang kami jadikan program pokok utama atau prioritas. Pertama yaitu pembangunan infrastruktur, kedua pembangunan sumber daya manusia, dan ketiga adalah pembangunan kemandirian ekonomi,” tutur Novi. 

Pembangunan infrastruktur dijadikan prioritas karena ia yakin bahwa dengan sarana dan prasana ingrastruktur yang memadai maka daerah akan bangkit. Dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memancing datannya investasi. Yang goalnya ia ingin agar kualitas hidup warga masyarakat Kabupaten Nganjuk bisa lebih baik. 

Berikutnya, pembangunan SDM, yang diharapkan Novi akan bisa membuat warga Kabupaten Nganjuk menjadi pemain dan tidak hanya penonton di tengah kemajuan kabupaten Nganjuk. 

Pembangunan kemandirian ekonomi akan berseiring dengan peningkatan kesejahteraan warga dengan didukung infrastruktur yang baik dan SDM yang berkualitas akan mendorong kemandirian ekonomi.

Novi menekankan, salah satu indikator penilian LPPD juga adalah sinergitas dan korelatif program daerah yang berseiring dengan visi misi nasional dan juga provinsi.

“Tiga program prioritas kami di Tri Cipta Bakti ini saya rasa hampir sinergi dengan tujuan pemerintah pusat, Pak Presiden Jokowi dan juga provinsi,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika menyerahkan penghargaan ini mengatakan ada sebanyak 176 IKK yang menjadi pokok penilaian hasil capaian kinerja LPPD.

Dan ia meminta agar setiap daerah mempertajam setiap poin IKK agar menjadi evaluasi bersama untuk menuju perbaikan di tahun berikutnya. 

“Terima kasih pada seluruh bupati wali kota yang telah memberikan yang terbaik. Terima kasih juga telah memberikan komitmen bersama untuk mensinergikan antara visi misi nasional, provinsi dan juga daerah,” kata Khofifah.

Gubernur perempuan pertama Jatim ini kemudian mengingatkan juga tentang adanya revisi Rencana Kinerja Pemerintah (RKP) yang harapannya juga turut disesuaikan oleh pemerintah daerah di tingkat kabupaten kota. 

“Dalam revisi RKP ada reformasi sistem sosial nasional, kemudian reformasi sistem kesehatan nasional dan sistem penanganan bencana. Maka kami minta juga diselaraskan," pungkasnya. (adv)

Reporter : Panji LS
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System