Genjot Vaksinasi Lansia ala Tulungagung, Peserta Diberi Bingkisan Telur

Kapolsek Tulungagung Kota Kompol Rudi memberikan bingkisan telur kepadasalah satu lansia, yang mengikuti vaksinasi di Kantor Kelurahan Kenayan, Kecamatan Tulungagung Kota, Jumat (23/10/2021)/matakamera.net - Panji LS
Sabtu 23 Oktober 2021

matakamera, Tulungagung – Kabupaten Tulungagung punya cara tersendiri untuk menggenjot capaian vaksinasi Covid-19, bagi kalangan lanjut usia (lansia). Yakni, dengan memberikan bingkisan berisi paket telur ayam usai disuntik.

Contohnya tampak pada kegiatan vaksinasi untuk lansia di Kantor Kelurahan Kenayan, Kecamatan Kota Tulungagung, Jumat (22/10/2021).

Kapolsek Tulungagung Kota Kompol Rudi Purwanto, yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di kantor kelurahan setempat, menyebut hari itu sebanyak 40 peserta lansia yang mengikuti vaksinasi.

“Untuk setiap lansia yang selesai divaksin masing-masing mendapat 1 paket telur berisi 10 butir,” ujar Rudi, yang juga ikut memberikan bingkisan telur kepada mereka.

Sedangkan hari ini, Sabtu (23/10/2021), bingkisan serupa juga diberikan kepada puluhan lansia yang mengikuti vaksinasi di Balai Desa Gebang, Kecamatan Pakel.

Kapolsek Pakel AKP Randhy Irawan yang memantau kegiatan tersebut mengatakan, peserta vaksinasi di balai desa setempat sebanyak 82 orang, di mana peserta lansia-nya sebanyak 26 orang.

“Untuk setiap lansia yang selesai divaksin mendapat 1 paket telur, dan juga ada tambahan paket beras,” ujar Randhy.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmat mengatakan, stimulasi hadiah telur untuk peserta vaksinasi lansia, digelar serentak di semua puskesmas, ecamatan hingga desa i Kabupaten Tulungagung.

Program pemberian telur dilakukan sejak Senin (18/10/2021), yang disebutnya merupakan misi jangka pendek untuk menjangkau vaksinasi bagi 40 persen lansia.

 "Untuk mempercepat capaian vaksinasi kelompok lansia yang sejauh ini baru tercapai sekitar 28 persen, dari total sasaran sekitar 133 ribu lansia," kata Kasil.

Hasilnya sementara ini diklaim Kasil cukup efektif.

"Jumlah lansia yang mengikuti vaksinasi melonjak. Jika pada hari biasanya lansia yang divaksin antara 200 hingga 300 orang per hari, sejak program vaksinasi berhadiah telur jumlah peserta kini naik menjadi 800 hingga 1.000 orang per hari," ungkapnya.

Kasil menjelaskan, pihaknya telah menyediakan lebih dari 120 ribu butir telur untuk kegiatan vaksinasi lansia. Dia berharap stimulasi ini efektif dalam mendongkrak capaian vaksinasi kelompok lansia hingga 12 ribuan sasaran. Sehingga target minimal 40 persen lansia terpenuhi.

Menurut Kasil, telur-telur ini dibeli langsung dari pengepul yang mengambil dari peternak telur, dengan harga Rp 18 ribu per kilogram. Otomatis, vaksinasi ini juga membantu peternak telur yang sejak awal Agustus kelabakan dengan anjloknya harga telur.

Selain dengan telur, untuk mendongkrak capaian vaksinasi lansia dilakukan dengan mendekatkan layanan vaksinasi bagi lansia. Seperti dengan melakukan vaksinasi lansia di dusun-dusun, terutama wilayah yang capaiannya rendah.

Reporter : Panji Lanang Satriadin

Editor : Rifai Abror

 

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System