Nganjuk Kejar Target 70 Persen, Vaksinasi untuk Pelajar Digenjot

Salah satu pelajar putri SMP Negeri 2 Nganjuk saat disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama, Sabtu (20/11/2021)/matakamera.net - Panji Lanang S
Sabtu 20 November 2021

matakamera, Nganjuk - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nganjuk masih tergolong rendah di Jawa Timur. Di mana, berdasarkan data yang dirilis Pemprov Jatim (15/11/2021), termasuk dalam lima kabupaten dengan capaian di bawah 50 persen.

Melihat hal itu, Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang bergerak cepat mendukung Satgas Covid-19, agar capaian vaksinasi bisa segera mencapai 70 persen.

Salah satunya, dengan menggenjot vaksinasi untuk kalangan pelajar. Hal ini terlihat dari dilaksanakannya serbuan vaksin di SMP Negeri 2 Nganjuk dan SMP Negeri 2 Prambon, Sabtu (20/11/2021).

Di kedua lokasi tersebut, Polres Nganjuk bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk memfasilitasi vaksinasi untuk peserta pelajar sebanyak 1.714 orang.

Kapolres pun meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di kedua lokasi, bersama Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara AKBP dr Dwi Miyarsi, hingga sejumlah kepala OPD Pemkab Nganjuk terkait.

Dalam kesempatan itu, AKBP Boy mengatakan, pihaknya akan terus all out mengawal pelaksanaan akselerasi vaksinasi, bersama unsur TNI dan Dinas Kesehatan.

“Ini penting kita lakukan dengan harapan dapat mengejar ketertinggalan vaksinasi di wilayah Kabupaten Nganjuk,” ungkap Boy.

Ia mengaku akan terus memantau percepatan vaksinasi hingga 15 hari ke depan. Sambil melihat, apakah persentase masyarakat yang divaksin sudah bisa mencapai 70 persen atau belum.

"Kami targetkan bisa 70 persen dalam 15 hari ke depan, untuk itu dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang tidak terputus dari semua pihak," imbuh mantan Tutor Madya Lemdiklat Polri tersebut.

Boy juga bertekad terus mencari cara yang lebih efektif, sehingga target tersebut terpenuhi.

"Dan sebagai hasil akhir dari semua ini adalah terciptanya herd immunity,” tutur Boy.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi mengatakan, pihaknya juga berharap semua pelajar SMP se-Kabupaten Nganjuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama secepat mungkin.

Hal ini disebutnya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid -19.

"Serta agar kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dilaksanakan dengan lebih lancar, dan tidak was-was akan terjadinya klaster baru di sekolah," ujarnya.

Salah satu pelajar SMP peserta vaksin, Bagas Kurnia,13, mengaku tidak takut mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksin adalah bekal penting untuk mencegah virus Covid-19. Terutama saat ini, ketika ia dan teman-temannya sudah melaksanakan PTM terbatas sejak 6 September 2021 lalu.

“Selama beraktivitas di sekolah dan di luar sekolah, saya juga berusaha semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker. Begitu juga saat mengikuti vaksinasi, setiap peserta juga harus mencuci tangan dengan sabun, mengindari kerumunan dan menjaga jarak antar peserta," tukasnya.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System