Kepala BNNK Nganjuk Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1 Prambon

Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si, saat menyampaikan materi P4GN di depan siswa-siswi SMAN 1 Prambon, Selasa (8/11/2022)
Selasa 8 November 2022

matakamera, Nganjuk - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi kalangan siswa dan siswi SMA/SMK/MA.

Bertajuk "Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Kabupaten Nganjuk Tahun 2022, Wujudkan Generasi Muda Berpretasi Tanpa Ekstasi", kegiatan tersebut digelar di SMAN 1 Prambon, pada Selasa (8/11/2022).

Kepala BNNK Nganjuk saat berinteraksi dengan salah satu siswa SMAN 1 Prambon, peserta sosialisasi P4GN

Hadir langsung sebagai narasumber Kepala BNNK Nganjuk AKBP. Ir. Bambang Sugiharto, M.Si. Selain itu, dihadiri pula Ketua FKDM, Ketua Komnasdik, Anggota JPM Anjuk Ladang dan Ketua Granat Kabupaten Nganjuk. Di mana, kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan metode paparan materi dan tanya Jawab.


Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto mengatakan, bahwa siswa dan siswi harus berhati-hati dalam bergaul. Banyak pengaruh yang tidak baik dalam pergaulan yang dapat menjerumuskan kaum muda ke dalam penyalahgunaan Narkoba.

"Sebagai contoh adalah rokok dan juga rokok elektrik yang merupakan gerbang masuk ke dalam penyalahgunaan narkoba," ujar AKBP Ir. Bambang Sugiharto, M.Si.

Ia kemudian mengenalkan jenis-jenis Bahan Adiktif lainnya yang dapat disalahgunakan dan dapat membahayakan bagi para siswa dan siswi. Di antaranya adalah penyalahgunaan lem aibon dan penyalahgunaan obat-obatan yang dikonsumsi melebihi dosis pemakaian.

Bambang berharap, eari kegiatan ini para siswa dan siswi sekolah bisa mendapatkan gambaran nyata mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika dan bahan adiktif lainnya. Sehingga, dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam menangkal terhadap pergaulan yang menjerumuskan mereka kedalam bahaya narkoba.

"Para siswa diharapkan juga untuk banyak mengakses berbagai informasi digital baik dari media social dan juga media elektronik lainnya tentang perkembangan bahaya narkoba yang muncul dari jenis-jenis narkotika baru yang beredar di masyarakat. Keseluruhan dari kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kabupaten Nganjuk Bersinar (Bersih dari Narkoba)," pungkas Bambang.


Untuk diketahui, sosialisasi ini merupakan rangkaian Kegiatan Roadshow Sosialisasi P4GN bagi Siswa dan Siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Nganjuk, yang dilaksanakan mulai tanggal 1 November sampai 14 November 2022. Di mana, menyasar siswa dan siswi dari 61 Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Kabupaten Nganjuk.

Roadshow Sosialisasi P4GN ini berlangsung selama 10 hari berlokasi tempat di 10 Sekolah. Di antaranya adalah SMAN 1 Ngajuk, SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk, SMAN 1 Berbek, SMAN 1 Tanjunganom, SMKN 1 Tanjunganom, SMAN 1 Prambom, SMAN 1 Ngronggot, SMAN 1 Kertosono, SMKN 1 Kertosono dan SMAN 1 Gondang.

Adapu ln total jumlah peserta sekitar 1.000 orang.

Kegiatan Roadshow Sosialisasi P4GN di kalangan pelajar ini juga merupakan tindak lanjut program kerja dari Tim Terpadu P4GN Kabupaten Nganjuk, yang telah diresmikan oleh Plt Bupati Nganjuk dengan SK Bupati Nomor : 188/279/K/411.013/2022, sebagai Implementasi dari Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4Gn dan Perda Kabupaten Nganjuk Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Sebagaimana amanat dari Presiden Jokowi, bahwa untuk mempersiapkan masa gerenasi emas pada tahun 2045 semua pihak harus turut andil dalam program P4GN baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Swasta dan juga Masyarakat.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System