Beri Pelayanan Terbaik, RSD Nganjuk Kini Miliki Alat CT Scan 64-Slice

Alat CT Scan terbaru milik RSD Nganjuk lebih canggih dan akurat karena berteknologi 64-slice
Selasa 4 April 2023

Jadi Kado Spesial HUT ke-1086 Kabupaten Nganjuk

matakamera, Nganjuk - Rumah Sakit Daerah (RSD) Nganjuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Yang terbaru, rumah sakit milik Pemkab Nganjuk tersebut secara resmi meluncurkan 1 unit computed tomography (CT) scan 64-slice.

Kepala Instalasi Radiologi RSD Nganjuk, dr. Soegiartiningsih Sp. Rad., mengatakan, kehadiran alat kesehatan (alkes) CT scan baru ini menjadi penyempurna dari alat yang lama.

"Alat CT scan yang dulu memiliki 16-slice, Sedangkan yang baru ini punya 64-slice, jadi lebih canggih," ujar dr Ningsih, sapaan akrabnya, kepada wartawan Senin (3/4/2023).

CT scan 64-slice RSD Nganjuk mampu menghasilkan pemeriksaan yang lebih detail dan lengkap

Dr Ningsih menjelaskan, angka 64-slice merujuk pada jumlah mata pisau yang dimiliki oleh CT scan. Sehingga, dengan jumlah sebanyak itu, dalam sekali putar pada saat memeriksa pasien bisa menghasilkan lebih banyak potongan pemindaian.


"Jadi misalnya memeriksa kepala (otak) pasien. Kalau dulu hanya 16 pisau, sekarang 64 sehingga detail gambar (kepala)-nya lebih bagus, dan (diagnosa penyakitnya) juga lebih cepat," ujar dr Ningsih.

Dengan kata lain, alat CT scan baru yang dimiliki RSD Nganjuk ini menurutnya akan memberikan pelayanan medis yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat.

CT scan baru milik RSD Nganjuk mampu menunjang berbagai macam pemeriksaan medis

Lebih lanjut dikatakan dr Ningsih, CT scan 64-slice ini juga mampu melakukan pemeriksaan medis yang dahulu tidak bisa dilakukan oleh alat 16-slice. Ia mencontohkan pemeriksaan CT scan jantung dan pembuluh darah.

Lalu, pemeriksaan CT scan tumor leher, thoraks atau tenggorokan, CT scan abdomen atau organ perut, pemeriksaan tulang dari kepala sampai kaki, maupun untuk menunjang pemeriksaan onkologi (kanker) hingga urologi (saluran kemih).

"Sekarang semua bisa dijangkau dengan CT scan baru ini. Jadi ini memang lebih canggih, lebih cepat dan fiturnya lebih banyak," urai dr Ningsih.

Humas RSD Nganjuk Eko Santoso, mewakili Direktur dr Tien Farida Yani MMRS, menambahkan, peluncurkan alat CT scan baru RSD Nganjuk ini sekaligus menjadi kado spesial Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1086 Kabupaten Nganjuk.

"Momentum peluncuran dan pengoperasian CT scan baru milik RSD Nganjuk ini bersamaan dengan HUT ke-1086 Kabupaten Nganjuk. Semoga dapat lebih meningkatkan kepuasan masyarakat akan pelayanan RSD Nganjuk," pungkas Eko Santoso.

Dari Bedah Mulut hingga Psikologi, Terus Optimalkan Pelayanan di Berbagai Lini

Sementara itu, dalam momentum HUT ke-1086 ini, Direktur RSD Nganjuk dr Tien Farida Yani MMRS terus berupaya mengoptimalkan pelayanan di berbagai lini. Baik itu pada lini pelayanan yang sudah ada sejak lama maupun yang baru diluncurkan.

Contohnya antara lain pelayanan ortodonti Klinik Gigi RSD Nganjuk. Menurut penjelasan drg Pritha Kunti Nali Broto Sp. Ort., SKM Klinik Gigi RSD Nganjuk, Ortodonti adalah spesialisasi kedokteran gigi yang khusus mempelajari tentang estetika posisi gigi, rahang, dan wajah.

drg Pritha Kunti Nali Broto Sp. Ort, dan drg Yeni Dian Lesmaya Sp. BM siap memberikan pelayanan terbaik di Klinik Gigi RSD Nganjuk

"Pelayanan kami s
ecara umum berfokus memperbaiki posisi gigi dan memastikan rahang sejajar dengan benar agar tidak mengganggu struktur wajah," ujar drg Pritha.

Di poli yang sama, saat ini juga telah diluncurkan layanan baru Bedah Mulut. Di mana, pelayanannya berfokus pada penanganan masalah di rongga mulut yang memerlukan intervensi bedah.

"Jadi kalau ada kelainan di rongga mulut, gigi geligi, rongga rahang, yang memerlukan intervensi bedah, bisa datang ke RSD Nganjuk untuk mendapatkan perawatan secara lengkap," ujar drg. Yeni Dian Lesmaya Sp.BM M.Ked, Klin, satu-satunya dokter spesialis bedah mulut di Kabupaten Nganjuk.

Berikutnya, RSD Nganjuk juga memiliki pelayanan Klinik Psikologis Medis yang baru dibuka pada Januari 2023.

Harum Wulansari S.Psi, M.Psi, penanggungjawab Klinik Psikologi Medis RSUD Nganjuk mengatakan, masyarakat kini bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan psikologi klinis, psikoedukasi/edukasi psikologi, konseling psikologi dan terapi psikologi.

"Permasalahan yang kami tangani beragam, mulai dari stres pekerjaan, kenakalan anak di rumah, sampai masalah KDRT juga," urai Harum.

Pelayanan lainnya yang dimiliki RSD Nganjuk yakni Klinik Onkologi. Yakni, pelayanan terpadu untuk kasus-kasus onkologi dan hematologi yang meliputi proses diagnostik dan terapi pada kasus-kasus tersebut. Di mana, pelayanannya meliputi kemoterapi, transfusi darah, Phlebotomi (pengeluaran darah, dan pemberian obat penunjang kemoterapi.

Direktur RSD Nganjuk dr Tien Farida Yani mengatakan, pihaknya terus komitmen mewujudkan rumah sakit umum daerah yang representatif dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan prima kepada masyarakat.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System