Tekan Laju Inflasi, Pj Bupati Nganjuk Luncurkan Gerakan Pangan Murah Berkualitas

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna dan istri saat meluncurkan Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Alun-Alun Berbek, Kamis (2/11/2023)
Kamis 2 November 2023

NGANJUK, matakamera.net - Untuk menekan laju inflasi dan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna secara resmi meluncurkan Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Kabupaten Nganjuk, Kamis (2/11/2023).

Gerakan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Nganjuk bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Lapangan Alun-alun Kecamatan Berbek.

Selain di lokasi setempat, gerakan serupa juga akan digelar di 20 Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk.

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengatakan, Gerakan Pangan Murah Berkualitas ini menyediakan sejumlah kebutuhan pokok warga.

"Mulai dari beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras (SPHP), minyak goreng, gula pasir, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabe, dan jenis sayuran lainnya dengan harga murah dan berkualitas," ujar Handoko.

Gerakan Pangan Murah Berkualitas juga akan digelar di 20 kecamatan se-Kabupaten Nganjuk

Peluncuran Gerakan Pangan Murah ditandai dengan pemotongan pita balon oleh Pj Bupati Nganjuk, didampingi Anggota TPID Nganjuk. Hadir Forkopimda Nganjuk, Ketua DPRD Nganjuk, Sekda Nganjuk, dan Staf Ahli dan Asisten Bupati Nganjuk. Turut hadir pula Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk, Eka Haryati Taruna beserta anggota.


Antusias dari warga masyarakat pun terlihat, dengan banyaknya antrian di masing-masing stand bazar pangan murah yang disediakan. Satu persatu, mereka antri dan dilayani oleh para petugas. Pj Bupati Nganjuk, menyapa langsung masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut Handoko Taruna, mengatakan, kegiatan pangan murah berkualitas ini, merupakan salah satu upaya Pemerintah (Pemkab) Nganjuk untuk mengendalikan stabilitas pasokan pangan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi pangan di Kota Angin.

“Agar masyarakat memiliki daya beli untuk mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga relatif murah, dari harga pasaran. Namun, memiliki kualitas baik,” ucapnya.

Kegiatan kolaborasi bersama dengan TPID Nganjuk, dan stakeholder yang terkait lainnya ini, mendapat apresiasi dari Sri Handoko Taruna. Melalui gerakan pangan murah, diharapkan juga akan mampu memulihkan perekonomian, karena bisa meningkatkan daya beli masyarakat sehingga membawa dampak pemulihan perekonomian di Kabupaten Nganjuk.

“Masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja mencukupi kebutuhannya. Namun perlu juga saya ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan,” serunya.

“Kami berharap rangkaian kegiatan gerakan pengan murah ini dapat berjalan tertib, aman dan lancar di setiap kecamatan, serta dapat meringankan beban masyarakat untuk memperoleh harga pangan murah dengan kualitas baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, menyebut kegiatan ini juga dalam rangka menekan inflasi daerah melalui gerakan pangan murah. Selain kegiatan gerakan pangan murah, hari ini juga dilaksanakan diversifikasi pangan.

“Upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja, melalui Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), yakni pelatihan memasak olahan pangan NBNT (Non Beras Non Terigu),” pungkas Yusuf.

Rif/Pas/Adv/2023
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System