Bangun Minat Baca Mulai Dari Desa

Pj Bupati Nganjuk Hadiri Rapat Teknis Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Desa  Se-Bakorwil Bojonegoro

perpustakaan nganjuk
Pj Bupati Nganjuk saat memberikan sambutan di depan seluruh peserta rapat teknis Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Bakorwil Bojonegoro, di Pendopo Pemkab Nganjuk, Selasa 22 Mei 2018 (dok) 

matakamera, Nganjuk – Pj Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., menghadiri Rapat Teknis Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan Se-Bakorwil Bojonegoro Tahun 2018 di Ruang Rapat Anjuk Ladang, Pemkab Nganjuk, Selasa 22 Mei 2018.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro Budi Priyo Suprayitno, SH., M.Si., Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. Hosto Hendarto, MM., serta jajaran, dan diikuti oleh perwakilan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah juga Kepala Desa/Kelurahan se-Bakorwil Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan, minat baca yang dimiliki masyarakat Indonesia khususnya masyarakat se-Bakorwil Bojonegoro harus ditingkatkan. Hal ini mengingat rendahnya minat baca warga Indonesia. Menurut survei, hanya 5% dari 260 juta penduduk Indonesia yang datang ke perpustakaan.

“Faktornya banyak, bisa saja karena bukuya kurang variatif, tempat atau perpusnya kurang bagus, atau mungkin lokasi perpus kota/kabupaten yang jaraknya cukup jauh dari rumah mereka, apalagi di era digital ini orang cenderung lebih suka membaca handphone ketimbang buku,” terangnya.

Namun Pj Bupati menekankan, faktor-faktor ini tidak boleh menjadikan kita putus asa untuk menaikkan minat baca. “Banyak inovasi-inovasi yang bisa kita lakukan untuk menaikkan minat baca, misalnya yang sudah beberapa tahun berjalan ini yakni perpustakaan di tiap desa, ini ayo kita sukseskan,” imbuhnya. Ia menambahkan, dalam pengelolaan perpustakaan desa dibutuhkan tenaga yang terlatih dan terampil.

“Maka dari itu, saya harapp bapak-bapak ibu-ibu bisa mengikuti acara ini dengan baik, agar bisa memberikan pendampingan yang baik pula untuk pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan,” pesannya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Pj Bupati memersilahkan Kepala Bakorwil Bojonegoro Budi Priyo Suprayitno, SH., M.Si., untuk membuka acara. “Dengan ucapan basmalah, Bismillahirohmanirrohim.. Rapat Teknis  Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Desa  Se -Bakorwil Bojonegoro di Kabupaten Nganjuk Tahun 2018 saya nyatakkan diuka, semoga acara dapat berjalan lancar,” pungkasnya.

(Humas Pemkab Nganjuk/ab/2018)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System