Jatim Luncurkan Mobil Layanan Oksigen Gratis, Lebih Cepat Jangkau Warga di Kondisi Darurat

Setiap unit Mobil Reaksi Cepat Layanam Oksigen Gratis dilengkapj dengan 20 tabung oksigen 1 meter kubik beserta regulator
Rabu 11 Agustus 2021

matakamera, KOTA SURABAYA - Layanan kuratif pada pasien covid-19 terus dioptimalkan oleh jajaran Pemprov Jatim bersama Satgas Covid-19. Setelah meluncurkan titik-titik depo pengisian oksigen gratis di sejumlah wilayah di Jatim, terbaru, kini Pemprov Jatim meluncurkan Mobil Reaksi Cepat Layanan Oksigen Gratis.

Mobil yang memberikan layanan yang sifatnya mobile dan cepat itu kini telah diposisikan stand by di Kota Madiun. Mobil ini akan keliling ke titik-titik puskesmas, rumah sakit, ataupun rumah-rumah penduduk yang membutuhkan oksigen dengan cepat hingga ke pelosok Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa layanan mobil ini berfungsi ganda. Selain sebagai  sarana isi ulang keliling, mobil ini dapat jemput bola untuk kebutuhan oksigen masyarakat dan puskesmas.


"Mobil ini dilengkapi tabung kecil 1 meter kubik beserta regulatornya sejumlah 20 buah. Juga ada tabungnya yang besar untuk menukarkan  tabung oksigen yang kosong misalnya di puskesmas atau rumah-rumah warga yang isoman," tegas Khofifah.


Layanan mobil ini akan memberikan layanan gratis  bersifat emergency yang akan lebih cepat menjangkau ke masyarakat. Dengan harapan agar masyarakat yang membutuhkan oksigen bisa segera terpenuhi dan kondisi pasien bisa segera membaik.

Selain itu, sejak Selasa (10/8) juga diluncurkan depo pengisian oksigen gratis di Madiun dan Jember. Di dua wilayah ini, layanan isi ulang oksigen dipusatkan di Kantor Bakorwil Pronvinsi Jawa Timur.

Untuk lokasi Madiun, juga dimulai layanan depo isi ulang oksigen gratis. Depo ini dapat melayani masyarakat di wilayah Kab/Kota Madiun, Kab ngawi, Kab Magetan dan Kab Ponorogo.

Sedangkan di Jember, telah  dimulai pelayanan isi ulang oksigen 24 jam  setiap harinya. Depo layanan pengisian  ulang oksigen secara gratis  di Bakorwil Jember ini dapat melayani masyarakat untuk Kab Jember, Kab Lumajang, Kab Bondowoso, Kab Situbondo, dan wilayah Banyuwangi Barat.

Bagi yang ingin memanfaatkan layanan ini mereka hanya cukup mendaftar secara online, di http://infocovid19.jatimprov.go.id/. Di web itu akan langsung terbuka form refill oksigen gratis.

Di form tersebut akan diwajibkan mengisi nama, NIK, alamat domisili, dan kewajiban mengunggah hasil tes PCR atau antigen. Lewat website itu pula nanti akan terdapat pilihan tempat dan waktu pengambilan oksigen agar tidak terjadi antrian.

Atau juga bisa menghubungi call center di 1500117. Dengan mendaftar tersebut maka petugas akan menginfokan pada pukul berapa warga bisa mengambil refill oksigen ke lokasi yang ditentukan. Prinsipnya pemprov ingin memudahkan akses, jika kesulitan akses aplikasi silahkan datang langsung dengan membawa identitas yang diperlukan khususnya KTP dan bukti swab positif atau keterangan sedang isoman atau isoter.

"Kita terus berikhtiar untuk memberikan yang terbaik bagi warga masyarakat Jawa Timur yang membutuhkan, dalam hal ini oksigen. Alhamdulillah saat ini pertambahan kasus harian covid-19 di Jatim sudah mulai menurun, dan semoga akan terus menurun," pungkas Khofifah. (*)

Reporter : Panji LS
Editor : Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System