Menteri Pertanian Borong Bawang Merah Nganjuk Rp 20 Ribu Per Kilogram

Bawang Merah Nganjuk
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman ikut memanen bawang merah bersama para petani di Desa Kendalrejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, 14 Mei 2016
matakamera, Nganjuk - Di tengah melambungnya harga bawang merah, pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI memilih untuk memborong hasil panen para petaninya yang ada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Tidak kurang dari 300.000 ton bawang merah Nganjuk dibeli atas kerjasama Kementan RI dan Badan Urusan Logistik (Bulog) dengan harga Rp.20 ribu per kilogram. Pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, di lokasi panen raya bawang merah Desa Kendalrejo, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu 14 Mei 2016.
Di sela acara yang berlangsung sekitar pukul 14.00 siang itu, Menteri Amran menyebut bahwa aksi borong bawang merah Nganjuk dalam rangka untuk kebutuhan dropping stok di pasar DKI Jakarta. "Untuk menstabilkan harga di Ibukota, kita beli  dari petani Nganjuk dengan harga baguslah," ujar Amran, dalam sambutannya sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan traktor dan bibit kepada petani.
Menteri Amran menambahkan, bahwa pemerintah akan mengganti jerih payah petani dengan menggelontorkan bantuan senilai Rp 20 Milyar dalam bentuk alat pertanian dan benih, serta pengadaan gudang. "Secara bertahap kita kirim 172 unit traktor, benih, 15 paket gudang dan alat pertanian,"ujarnya saat wawancara kepada awak media.
Amran berjanji menjelang bulanh puasa Ramadan, harga bawang merah  sudah stabil di angka Rp. 23 ribu per kilogram. :Kita garansi lah. Dengan harga segitu, agar masyarakat bisa beli baju baru untuk Lebaran," urainya.
Pada kesempatan yang sama Bupati Nganjuk Taufiqurrahman yang hadir mendampingi Menteri Amran menambahkan, bahwa Kementan RI sudah sangat peduli dalam memenuhi kebutuhan petani bawang merah di Nganjuk. Karena itu, para petani sendiri diminta semakin rajin menanam. "Jangan malas tanam, hari ini panen besok langsung tanam lagi. Bibit selalu siap dari pemerintah," ujar sang bupati.
Menurut informasi yang dihimpun matakamera.net, produksi bawang merah di Kabupaten Nganjuk rata-rata 100.000 ton dengan luasan lahan 11.000 hektare. Karena itu Nganjuk termasuk penyuplai bawang merah utama skala Nasional. "Hari ini kita kirim 1.400 ton ke Jakarta diangkut 20 truk, atas arahan Bapak Menteri Pertanian," imbuh Agus Soebagijo Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.(ro/ab)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System